Sukses

Facebook Raup Rp 52 Triliun Dalam 3 Bulan

Pendapatan Facebook dari iklan meningkat 55% dan 76% di antaranya berasal dari pendapatan iklan mobile.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook masih menjadi yang terbesar di ranah jejaring sosial. Meski sempat digosipkan sudah mulai ditinggalkan para pengguna remaja, namun faktanya Facebook masih memiliki 844 juta pengguna aktif harian dan 1,49 miliar pengguna aktif bulanan di kuartal kedua 2015.

Dari sisi pendapatan, menurut keterangan pers yang diterbitkan, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu berhasil meraup US$ 4,04 miliar atau setara Rp 52 triliun pada triwulan kedua yang berakhir Juni lalu. Angka tersebut meningkat 39% dibanding periode yang sama tahun lalu, yang "hanya" mencapai US$ 2,91 miliar. 

Dipaparkan lebih lanjut, pendapatan dari iklan meningkat 55% dan 76% diantaranya berasal dari pendapatan iklan mobile. Pendapatan iklan mobile tersebut meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya. 

Berikut rangkuman performa Facebook pada laporan keuangan Q2 2015:

Jumlah pengguna

- Pengguna Aktif Harian atau Daily active users (DAUs) – rata-rata mencapai 968 juta pada bulan Juni 2015, naik 17% dibanding bulan Juni tahun sebelumnya.

- Pengguna Aktif Harian di Mobile atau Mobile DAUs – rata-rata mencapai 844 juta pada bulan Juni 2015, naik 29% dibanding bulan Juni tahun sebelumnya.

- Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly active users (MAUs) – sekitar 1,49 miliar sampai dengan bulan Juni 2015, naik 13% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

- Pengguna Aktif Bulanan di Mobile atau Monthly active users Mobile MAUs – sekitar 1,31 miliar sampai dengan bulan Juni 2015, naik 23% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video dorong pertumbuhan Facebook

Video dorong pertumbuhan Facebook

- Penggunaan video di platform Facebook terus mengalami pertumbuhan, dengan miliaran video ditonton setiap harinya di mobile.

- Video juga terus menjadi konten paling kaya dan menarik perhatian pengguna maupun media. Sejak awal tahun ini, penayangan video di Pages telah meningkat sebanyak 40%.

- Seiring dengan semakin banyaknya video dari brand yang ditonton di Facebook, iklan video menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman Newsfeed. Pengiklan pun memiliki peluang lebih besar untuk menjangkau banyak orang.

- Fokus dari video juga untuk mendukung upaya saling menghubungkan orang saat peristiwa besar atau momen penting dunia.

Instagram

- Pada kuartal kedua, Instagram meluncurkan iklan Instagram di Brasil, Jerman dan Jepang.

- Memperkenalkan fitur-fitur dan kemampuan tambahan untuk para pemasar, termasuk fitur iklan Carousel Ads di - Instagram untuk pengiklan, sebagai cara kreatif bagi brand untuk beriklan.

- Dalam beberapa bulan ke depan, iklan Instagram akan tersedia bagi pengiklan dengan format baru, kemampuan targeting yang lebih baik dan kemampuan untuk membeli secara online melalui mitra pihak ketiga.

- Dengan ditawarkanya iklan Instagram, Instagram tetap fokus pada kualitas dan relevansinya bagi pengguna untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pengguna dan kinerja untuk pengiklan.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini