Sukses

Sistem Pertarungan Final Fantasy VII Remake Bakal Dirombak

Director Final Fantasy VII mengungkap bahwa sistem pertarungan game ini akan dirombak total.

Liputan6.com, Tokyo - Final Fantasy VII menjadi salah satu judul game favorit para gamer di jagat video game. Bahkan, sejak diumumkan pada ajang E3 2015 Juni lalu, game RPG (role playing game) yang telah melegenda selama 18 tahun ini diungkap bahwa akan dirilis kembali dalam versi remake total untuk konsol PS4 (PlayStation 4).

Selain digarap dalam bentu remake, bahkan Square Enix selaku publisher dan developer game ini mengungkap bahwa jalan cerita seri ketujuh FF (Final Fantasy) ini akan sedikit berbeda dengan versi originalnya.

Namun, yang masih menjadi pertanyaan banyak fans FF sampai saat ini adalah; apakah Final Fantasy VII Remake akan memiliki battle system yang sama dengan seri aslinya yang dirilis untuk konsol PS1? Mengingat battle system merupakan salah satu unsur penting yang paling banyak dibicarakan oleh para fans.

Hal tersebut rupanya langsung ditanggapi oleh Tetsuya Nomura selaku sang director game tersebut baru-baru ini. 

Ia mengungkap bahwa sistem pertarungan FF VII akan mengalami perubahan `dramatis` yang dimana akan membedakan seri anyar FF VII dengan sistem pertarungan yang hadir di seri asli FF VII.

"Akan ada perubahan dramatis yang nantinya akan hadir di sistem pertarungan FF VII Remake. Namun, kami ingin memberikan klarifikasi bahwa sistem pertarungan ini tentunya tidak akan menjadi seperti gaya tarung ala game shooter atau sejenisnya," kata Nomura, sebagaimana dikutip laman Gamespot, Senin (3/8/2015).

Perubahan dramatis disini, lanjut Nomura, bukan berarti sistem pertarungannya akan benar-benar dirombak habis-habisan. Ia menjelaskan akan ada beberapa elemen klasik FF VII original yang diusahakan akan tetap hadir di sistem pertarungan baru ini.

Seperti yang diketahui, sistem pertarungan FF VII mengadopsi sistem ATB (Active Time Battle) dimana kendali serangan tiap karakter berada sepenuhnya pada kontrol si pemain. 

Masing-masing karakter akan mempunyai gilirannya untuk menyerang musuh ketika bar meter sudah penuh, disitulah si pemain memilih jenis serangan apa yang harus dikeluarkan, seperti attack, magic, summon dan item.

Jika nantinya berubah secara dramatis seperti yang dijelaskan Nomura, akankah sistem pertarungan FF VII Remake akan mirip menjadi sistem pertarungan Action RPG ala Kingdom Hearts? 

Semua jawabannya masih disimpan erat oleh Nomura dan tim pengembang FF VII Remake. Lekas berharap semoga game ini diumumkan kapan tanggal rilisnya agar para gamer dapat mengetahui lebih banyak terkait informasi Final Fantasy VII Remake.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini