Sukses

Kota Masa Depan Berbentuk Ikan Pari Mengapung di Laut

Seorang arsitek asal Prancis mendesain kota ramah lingkungan berbentuk ikan pari yang mengapung di laut.

Liputan6.com, Jakarta - Konsep mengenai kota di masa depan selalu menjadi pembahasan yang menarik. Hingga kini konsep mengenai kota yang modern, hemat energi, dan berkelanjutan sudah menjadi kajian para ahli dari berbagai bidang. 

Salah satunya adalah arsitek asal Prancis bernama Jacques Rougerie yang berusaha mengimplementasikan konsep tersebut. Rougerie merancang sebuah kota berbentuk pari manta yang mengapung. 

Rancangan kota masa depan dari Rougerie tersebut diberi nama Mérien yang berarti 'yang memiliki laut'. Ide kota mengapung ini dibuat untuk menampung penduduk kota yang nantinya merupakan orang yang meneliti lautan.

Menurut yang dilansir laman Ubergizmo, Rabu (5/8/2015), Kota Mérien akan berukuran 900 meter yang mampu menampung 7.000 peneliti dan siswa dengan ruang kelas, laboratorium, dan tempat tinggal untuk membantu mereka melakukan tugas.

Ruang untuk olahraga dan bersantai juga ada di dalamnya. Kota Mérien ke depannya akan bergantung sepenuhnya pada energi dari laut dan tidak memproduksi limbah.

Konsep Rougerie ini mungkin belum akan dapat dilakukan hingga 70 tahun ke depan. Namun, Rougerie berharap gagasannya ini dapat mendorong generasi muda melakukan kajian lebih lanjut, sehingga di kemudian hari konsep ini dapat menjadi kenyataan.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini