Sukses

Jokowi: Startup Teknologi Akan Jadi Masa Depan Indonesia

Industri kreatif, termasuk bisnis Startup berbasis teknologi, akan menjadi bagian penting pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Industri kreatif di Indonesia saat ini sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Pasalnya sektor ini penting untuk menunjang perkembangan ekonomi nasional.

Pada acara Dialog Industri Kreatif yang digelar pascaperesmian venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa industri kreatif, termasuk bisnis Startup berbasis teknologi, akan menjadi bagian penting dari pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Bisnis-bisnis tradisional di Indonesia memang membutuhkan sentuhan-sentuhan aplikasi (teknologi)," kata Presiden Jokowi saat berdialog dengan founder GoJek, Nadiem Makarim, di acara Dialog Komunitas Kreatif yang dimotori oleh Smartfren.

"Bisnis kreatif berbasis budaya dan teknologi akan jadi masa depan Indonesia. Untuk anggaran, kita akan beri dukungan penuh," lanjut Jokowi di Hall 2 ICE hari ini, Selasa (4/8/2015). 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Presiden Jokowi berharap Badan Ekonomi Kreatif (BEK) dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah.

"Kalau perkembangan ekonomi kreatifnya melonjak, bisa jadi Badan Ekonomi Kreatif jadi Kementerian Ekonomi Kreatif," ujar Jokowi yang disambut riuh audience.

Sebelumnya, Jokowi memang pernah meminta Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEK), Triawan Munaf, untuk membangun sebuah konsep "Creative City" di Indonesia. Konsep "Creative City" merupakan sebuah kota yang di dalamnya berkumpul para pelaku di industri kreatif.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.