Sukses

Depak Apple, Xiaomi jadi Nomor 1 di Tiongkok

Xiaomi berhasil menduduki posisi nomor satu di pasar smartphone Tiongkok, melengserkan Apple ke posisi tiga.

Liputan6.com, Tiongkok - Xioami kian mengukuhkan posisinya di pasar smartphone. Kini menurut data kuartal II 2015, perusahaan analis industri Canalys mengungkap Xiaomi berhasil menduduki posisi nomor satu di Tiongkok dan sekaligus melengserkan Apple yang mendominasi selama dua kuartal sebelumnya.

Dilansir Ars Technica, Selasa (4/8/2015), estimasi kuartal II 2015 Canalys itu menjabarkan bahwa Xiaomi memimpin pasar Tiongkok dengan 15,9 persen pangsa pasar. Sedangkan posisi nomor dua ditempati rival setanah air, Huawei, dengan 15,7 persen pangsa pasar.

Apple yang sebelumnya menempati posisi nomor satu selama dua kuartal sebelumnya, terjun ke posisi tiga. Posisi lima besar ditutup oleh Samsung dan Vivo. Sayangnya, Canalys tidak merinci pangsa pasar tiga vendor tersebut.

Perusahaan riset lain, Counterpoint Research, juga memberikan estimasi serupa dengan Canalys. Xiaomi diperkirakan memiliki 15,8 persen, Huawei 15,4 persen dan Apple 12,2 persen pangsa pasar.

Sedangkan posisi empat yang ditempati oleh Vivo dengan 8,1 persen dan sisanya gabungan berbagai vendor dengan 48,5 persen pangsa pasar.

"Kompetisi brand-brand utama tidak pernah sekuat ini. Huawei mencatatkan pengapalan smartphone tertinggi dalam sejarahnya tanpa 'mengganggu' margin produk dan keuntungan. Apple dan Samsung meningkatkan penjualan mereka di pasar Tiongkok dengan pesatnya perkembangan channel melalui toko-toko utama dan ritel ponsel kecil hingga medium," jelas analis Canalys, Jingwen Wang.

Xiaomi sendiri juga mengalami perkembangan pesat di negara-negara Asia. Perusahaan kini tengah membidik peluang besar di Rusia, Brasil, Timur Tengah dan banyak negara di Amerika Latin. Kendati bisnis kian tumbuh, Xiaomi belum memulai debut di Amerika Serikat (AS).

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini