Sukses

Siapa Bilang MacBook Tak Bisa Terinfeksi Worm?

Dua peneliti ini berhasil menemukan celah keamanan untuk menyerang komputer Mac.

Liputan6.com, Jakarta - Info mengejutkan datang untuk pengguna komputer Mac. Dua peneliti telah berhasil menemukan celah untuk menyerang komputer Mac.

Xeno Kovah dari LegbaCore dan Trammell Hudson dari Two Sigma Investments berhasil menciptakan konsep worm yang terbukti mampu menyerang komputer Mac. Bahkan, untuk menyebar dari satu MacBook ke MacBook lainnya tidak diperlukan koneksi internet atau komputer yang saling terhubung.

Serangan ini dikabarkan menyasar firmware dari Mac. Dengan menyasar firmware maka serangan ini akan sulit untuk dikenali oleh pemindai keamanan. 

Serangan tersebut juga dapat mencegah untuk menginstal update terbaru atau bahkan bisa update sendiri. 

Mengutip informasi dari laman Wired, Rabu (5/8/2015), serangan ini dikatakan makin berbahaya karena sulit dihilangkan. Satu-satunya cara untuk menghilangkan malware yang ada di firmware ini adalah dengan melakukan re-flash chip yang mengandung malware.

Hudson dan Kovac telah memberitahu Apple tentang lima masalah keamanan yang mereka temukan.

Menurutnya, satu permasalahan telah berhasil diselesaikan. Dan satu lainnya telah sebagian berhasil ditambal, namun tiga risiko keamanan lainnya belum dapat diselesaikan.

Rencananya, dua peneliti itu akan membahas hasil temuan mereka di konferensi keamanan BlackHat di Las Vegas pada 6 Agustus 2015. 

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.