Sukses

Tips Memotong SIM Card dengan Mudah dan Aman

Berikut tips mudah dan aman ketika Anda hendak memotong SIM Card untuk smartphone baru Anda

Liputan6.com, Jakarta - Hadirnya varian smartphone dengan desain yang lebih ramping dan compact pada saat ini mendorong operator seluler untuk menghadirkan kartu SIM dengan ukuran yang tentunya lebih kecil.

Bahkan, sampai saat ini beberapa smartphone premium seperti Samsung dan iPhone telah mengadopsi pemakaian SIM Card Micro (SIM Card dengan ukuran kecil) dan SIM Card Nano (SIM Card dengan ukuran terkecil).

Hal ini secara otomatis `memaksa` penggunanya untuk memotong SIM Card ukuran normal yang telah dibeli menjadi ukuran Micro atau pun Nano. 

Jika Anda terdesak waktu untuk menggunakan SIM Card Micro atau Nano dan tidak sempat ke counter ponsel untuk mendapatkan bantuan pemotongan kartu. Kali ini, tim Tekno Liputan6.com akan memberikan tips aman memotong SIM Card yang bisa Anda lakukan sendiri, sebagaimana dilansir dari laman Phone Arena, Kamis (6/8/2015).

Cara DIY (Do It Yourself) ini dinilai aman asal Anda dapat mengikuti instruksi ilustrasi pemotongan SIM Card menjadi ukuran Micro atau Nano di bawah ini. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memotong bagian plastik di kartu dengan menggunakan gunting kecil atau cutter.


Tips Memotong SIM Card dengan Mudah dan Aman

Jika Anda memiliki SIM Card berukuran normal dan hendak mengubahnya ke Micro atau Nano, maka potonglah bagian tepi SIM Card dan pastikan potongan tidak mengenai bagian konektor SIM Card yang berwarna emas di bagian tengah.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda hendak memotong SIM Card berukuran Micro ke Nano. Karena ukuran Micro tergolong kecil, maka Anda harus lebih berhati-hati ketika memotong bagian tepi SIM Card. Disarankan untuk menggunakan cutter agar Anda dapat lebih mudah melepas bagian plastik SIM Card.

Perlu diingat, jika Anda tidak berhati-hati dan memotong bagian emas SIM Card, maka kartu akan rusak dan jika ingin mengganti kartu akan dikenakan biaya oleh pihak operator. Selamat mencoba! 

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini