Sukses

Cegah Kanker, Samsung Kucurkan Dana Rp 1,1 Triliun

Samsung telah menyiapkan dana sekitar US$ 86 juta Rp 1,1 Triliun untuk mengkompensasi pekerja dan keluarganya yang terkena kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Selama sekitar satu dekade Samsung kerap terlibat perselisihan dengan para pekerja di pabrik chip dan layar. Mereka mengklaim, kontak yang terlalu lama dengan radiasi dan bahan kimia di pabrik, membuat mereka rentan terhadap penyakit berbahaya seperti limfoma dan leukemia.

Sebagai solusi, perusahaan asal Korea Selatan itu mengumumkan akan mengucurkan dana untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (5/8/2015), Samsung telah menyiapkan US$ 86 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun untuk mengkompensasi pekerja dan keluarganya yang terkena kanker.

Dana tersebut juga akan digunakan untuk meningkatkan upaya pencegahan penyakit kanker, khususnya bagi karyawan yang bekerja di pabrik chip dan layar Samsung.

Samsung mengatakan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk kontraktor dan pekerja beserta keluarganya yang terserang penyakit saat bekerja di pabrik. Dana itu juga akan digunakan untuk penelitian dan metode lain guna meningkatkan keselamatan pekerja.

Sekelompok aktivis di Korea Selatan yang mewakili para pekerja dan keluarganya mengatakan bahwa hampir 200 pekerja jatuh sakit setelah bekerja di pabrik Samsung, yang mana 70 dari mereka telah meninggal dunia.

Keputusan Samsung untuk menyiapkan dana ini datang setelah negosiasi antara perusahaan, pekerja dan para ahli, yang salah satu isu utamanya adalah tentang tanggung jawab perusahaan kepada pekerja.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini