Sukses

Cara Tampilkan Layar Hologram 3D di Smartphone

Siapa bilang smartphone Anda tidak mampu menampilkan layar hologram? Simak caranya berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi layar hologram sering diimpikan banyak orang untuk hadir di perangkat kesayangannya. Tidak bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika teknologi tersebut hadir lewat smartphone.

Sayangnya, karena terpatok keterbatasan akses dan spesifikasi perangkat yang dimiliki, Anda tidak dapat menikmati tampilan indah layar hologram di perangkat smartphone secara langsung.

Nyatanya, teknologi tersebut hanya dapat diimplementasikan lewat sebuah perangkat besar dengan kapabilitas yang lebih baik dari smartphone, sebut saja Holus, sebuah perangkat prisma segitiga garapan perusahaan H+ Technologies yang mampu menghadirkan layar hologram 3D.

Bila Anda ingin layar hologram terpancar lewat smartphone, ada caranya. Masih ada harapan untuk menyulap smartphone untuk bisa memancarkan pijaran hologram.

Seorang pengguna YouTube dengan nama akun `Mrwhosetheboss` menggunggah sebuah video tutorial, dimana Anda dapat memanfaatkan alat tulis menjadi alat yang dapat membuat smartphone memancarkan cahaya hologram. Tanpa berpanjang lebar, yuk simak caranya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alat-alat yang dibutuhkan

Pertama-tama, kumpulkan peralatan yang akan dibutuhkan, berikut alat-alatnya:

-Pensil
-Pulpen
-Penggaris
-Graph Paper (kertas kotak-kotak yang digunakan untuk menggambar dengan skala dan ukuran tertentu)
-Kotak CD transparan
-Pisau atau Cutter
-Isolasi Transparan
-Smartphone

Lalu, buatlah gambar Rhombus (belah ketupat) di kertas Graph Paper menggunakan pensil dan penggaris. Perhatikan, sisi kanan dan kiri memiliki ukuran 3.5 cm, sisi atas (panjang) memiliki ukuran 1 cm dan sisi bawah 6 cm.

Cara Tampilkan Layar Hologram 3D di Smartphone Anda

Pola belah ketupat tersebut akan dipakai untuk memotong lapisan kotak CD transparan. Potong desain belah ketupat tersebut, taruh di lapisan bening kotak CD, dan gambar lagi pola belah ketupat yang telah diukur dengan pulpen.

Cara Tampilkan Layar Hologram 3D di Smartphone Anda

Cara Tampilkan Layar Hologram 3D di Smartphone Anda

Setelah itu, Anda dapat memotong lapisan bening kotak CD berdasarkan pola yang telah digambar dengan pulpen. Buat sebanyak empat kali.

Cara Tampilkan Layar Hologram 3D di Smartphone Anda

Kemudian, tempelkan masing-masing sisi pola dengan menggunakan isolasi bening dan pada akhirnya akan membentuk bangunan prisma segitiga.

Cara Tampilkan Layar Hologram 3D di Smartphone Anda

Letakkan di atas smartphone Anda. Jangan lupa, Anda harus download video hologram terlebih dahulu agar bisa ditampilkan di smartphone Anda.

Setelah mengunduh video hologram, matikan semua lampu dan nikmati tampilan hologram yang berpijar di smartphone Anda. Selamat mencoba, dan selamat menikmati!

Cara Tampilkan Layar Hologram 3D di Smartphone Anda

Berikut video tutorialnya:



(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini