Sukses

Prosesor Mobile Xiaomi Hadir Tahun Depan?

Xiaomi kian agresif di pasar perangkat mobile, terlebih kini telah menjadi vendor handset nomor satu di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi kian agresif di pasar perangkat mobile, terlebih setelah mereka berhasil menjadi vendor handset nomor satu di Tiongkok. Kali ini gebrakan terbaru yang akan dilakukan adalah dengan mendesain prosesor mobile besutan mereka sendiri.

Dilansir Phone Arena, Xiaomi dilaporkan tengah bersiap menggunakan prosesor mobile ciptaan sendiri pada produk-produk terbarunya. Salah satu startup paling bernilai di dunia ini kabarnya berkolaborasi dengan produsen chip senegaranya bernama Leadcore.

Langkah Xiaomi untuk menggunakan prosesor miliknya sendiri diyakini akan membantu mengurangi ketergantungan mereka terhadap dua produsen chipset terbesar di dunia, yakni Qualcomm dan MediaTek. Saat ini, hampir semua smartphone Xiaomi disokong oleh prosesor dari kedua perusahaan tersebut.

Menurut situs asal China, CN Beta, Xiaomi kemungkinan akan merilis prosesornya sendiri tersebut paling cepat pada awal 2016. Untuk tahap awal, prosesor itu hanya akan digunakan di perangkat low-end dari seri smartphone Redmi.

Popularitas Xiaomi sendiri kian menanjak di industri smartphone. Di negara asalnya, Tiongkok, Xiaomi pada kuartal II 2015 berhasil menduduki posisi nomor satu. Perusahaan berhasil mendepak Apple, yang selama dua kuartal terakhir menguasai posisi tersebut.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini