Sukses

Asus Zenfone 2 vs OnePlus 2, Unggul Mana?

Mana yang lebih unggul antara kedua smartphone ini? Apakah Asus Zenfone atau OnePlus 2?

Liputan6.com, Jakarta - OnePlus bisa dibilang merupakan vendor smartphone yang tengah naik daun dan bersaing dengan beberapa vendor lainnya yang juga sedang gencar-gencarnya memasarkan smartphone anyarnya.

Namun, seri terbaru OnePlus, OnePlus 2 nyatanya memang menjadi daya tarik para penggila gadget untuk saat ini. Dengan tagline `flagship killer` smartphone ini tampil percaya diri dengan segudang spesifikasi mewah yang ditawarkan, salah satunya adalah dengan menghadirkan RAM 4 GB.

Seperti yang diketahui, smartphone yang memiliki RAM 4 GB memang dinilai mampu menghadirkan performa super cepat dan sangat sempurna. Untuk saat ini, smartphone dengan RAM 4 GB yang sedang banyak dicari selain OnePlus 2 adalah Asus Zenfone 2, yang juga baru diluncurkan beberapa bulan lalu.

Kedua smartphone ini kontan kerap menjadi perbandingan calon pembelinya lantaran menawarkan RAM 4 GB. Namun, dari segala spesifikasi yang ditawarkan, apakah Asus Zenfone 2 dan OnePlus 2 sama-sama unggul di bidangnya? GSM Arena pun mengungkap rupanya terdapat beberapa perbedaan pada masing-masing smartphone yang sedang nge-hits ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Layar

Baik Zenfone 2 dan OnePlus 2 memiliki layar seluas 5.5 inci dengan resolusi 1080x1920 piksel. Namun, kedua smartphone ini rupanya memiliki kerapatan piksel yang berbeda. OnePlus 2 memiliki kerapatan piksel 401 ppi dan dibalut dengan Corning Gorilla Glass 4, sementara Zenfone 2 memiliki kerapatan piksel 403 ppi dan dibalut Corning Gorilla Glass 3.

Prosesor

Untuk prosesor, kedua smartphone RAM 4 GB ini tentunya dibekali dengan chip yang berbeda. OnePlus 2 memiliki prosesor Octa-Core Snapdragon 810 dengan Adreno 430, di sisi lain Zenfone 2 memiliki prosesor Super Quad-Core Intel Atom Z3580 berkecepatan 2.3 Hz dengan PowerVR G6430.

Untuk masalah kapasitas penyimpanan, OnePlus2 hanya dipatok memiliki storage internal sebesar 64 GB, sementara Zenfone 2 memiliki pilihan storage mulai dari 16, 32, dan 64 GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kamera, Baterai & Harga

Kamera

OnePlus 2 memiliki kamera dengan resolusi 13 megapiksel dan kamera depan beresolusi 5 megapiksel, kemampuan lensa OnePlus 2 diklaim dapat menangkan gambar 1080 piksel dengan kecepatan hingga 30 fps (frame per second), sementara Asus Zenfone 2 memiliki kamera utama beresolusi 13 megapiksel dengan fitur dual flash dan kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel.

Baterai

Kedua baterai dari masing-masing perangkat ini terbilang memiliki daya kapasitas baterai yang hampir sama. OnePlus 2 memiliki baterai berkapasitas 3.300 mAh, sementara Zenfone 2 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Harga & Kesimpulan

Baik dari Asus Zenfone 2 dan OnePlus 2 dinilai memiliki spesifikasi yang hampir sama, performa dari masing-masing kedua smartphone ini pun ibarat angka 11 dan 12. 

Hanya saja, yang membedakan kedua smartphone ini justru terletak di persoalan harga. OnePlus 2 dibanderol sekitar Rp 5,4 juta dan Asus Zenfone 2 dibanderol dengan varian harga yang berbeda untuk masing-masing kapasitas yang tersedia. Untuk 16 GB, dibanderol Rp 2,9 juta untuk 32 GB dibanderol Rp 4 juta dan untuk 64 GB dibanderol sebesar Rp 4,5 juta.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini