Sukses

Ini Tanggapan Apple soal Bisnis Operator Jaringan

Apple dikabarkan akan melebarkan sayapnya ke layanan operator jaringan.

Liputan6.com, Jakarta - Apple, salah satu perusahaan yang terkenal dengan perangkat gadget-nya dikabarkan mulai merambah bisnis operator jaringan.

Kabar ini muncul setelah Senin kemarin Business Insider mewartakan bahwa Apple telah melakukan tes untuk layanan Mobile Virtual Network Operator (MVNO) di Amerika Serikat.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa Apple berencana untuk menyewa kapasitas dari satu atau lebih operator jaringan untuk kemudian ditawarkan ke pelanggan sebagai paket data dan telepon. Bahkan, Apple diinformasikan telah membicarakan rencana tersebut ke beberapa operator di Eropa.

Nantinya jika langkah Apple ini benar terjadi, maka diperkirakan Apple tidak lagi bekerja sama dengan operator jaringan yang telah ada. Melainkan, Apple akan menyediakan secara langsung jaringan bagi para pengguna perangkat perusahaan tersebut. 

Namun, hal itu tampaknya masih sebatas rumor belaka pasca muncul pernyataan yang dilontarkan langsung oleh juru bicara Apple. 

"Kami belum membahas dan tidak memiliki rencana untuk meluncurkan MVNO", ungkap juru bicara Apple, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/8/2015).

Sebenarnya langkah Apple untuk terjun ke bisnis operator jaringan telah ramai diperbincangkan sejak tahun lalu. Setelah itu, Apple merilis Apple SIM yang ditujukan bagi para pengguna iPad.

Apple SIM memungkinkan pelanggan untuk mengganti layanan antara beberapa operator jaringan. Untuk mendukung Apple SIM, Apple sebelumnya telah bekerja sama dengan operator jaringan ternama di Amerika Serikat dan Eropa.

(dam/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini