Sukses

Mengapa Jenis Font Ini Selalu Muncul di Meme?

Font ini secara tidak langsung mendapat predikat sebagai font khusus meme.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi orang yang biasa mengakses internet, baik lewat PC maupun smartphone pasti sudah tidak asing dengan istilah meme. Terlebih yang sering mengakses media sosial, seperti Twitter, Path, dan Facebook pasti terbiasa melihat meme.

Namun, sadarkah bahwa di setiap meme tersebut ternyata menggunakan font yang sama. Jenis font yang dimaksud bernama Impact. Ini merupakan jenis huruf yang dibuat oleh Geoff Lee pada 1965.

Dikutip dari laman Vox, Jumat (7/8/2015), Lee menyebutkan bahwa Impact dibuat menggunakan logam yang dipotong tangan untuk membentuk masing-masing hurufnya.

Beberapa tahun setelah Impact dibuat, Lee kemudian menjual tipe huruf itu ke pencetak huruf Stephenson Blake.

Blake sejak awal sudah menyadari bahwa Impact memiliki kemampuan pemasaran yang baik, yaitu mampu terbaca dengan jelas terlebih di atas gambar. Menurutnya, Impact dapat mudah terbaca meskipun tanpa outline hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesuksesan Impact

Lee ketika membuat Impact tidak menyadari bahwa jenis huruf ini akan menjadi sepopuler sekarang.

Setelah perusahaan Blake tidak lagi fokus ke pencetakan huruf, mereka mulai membagi hak digital tipe huruf ke beberapa kompetitor. Hak atas Impact kemudian jatuh ke tangan Monotype. Monotype ternyata memegang lisensi font untuk Microsoft.

Impact semakin dikenal setelah tahun 1996 Microsoft memilih Impact sebagai salah satu "font inti untuk web". Microsoft juga menyematkan Impact sebagai font yang digunakan di Windows 98, sistem operasi yang kala itu menguasai pasar.

Dimulai dari situ, penyebaran Impact makin meluas di banyak komputer. Impact mulai mendapat perhatian sebagai font meme ketika di 2003 seseorang membuat meme kucing yang terkenal. 

Kemudian banyak orang yang juga menggunakan Impact. Bahkan sekarang dapat dikatakan Impact mendapat predikat sebagai font khusus meme. 

(dam/isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini