Sukses

Smartphone Android Bisa Diretas Hanya dengan Sekali SMS

Liputan6.com, Jakarta - Joshua J. Drake, peneliti dari perusahaan keamanan Zimperium zLabs berhasil menemukan sebuah celah keamanan (bug) terbaru yang mengancam para pengguna smartphone dan tablet berbasis Android.

Hasil penelitian Drake mengungkapkan bahwa 95% dari total seluruh perangkat Android yang beredar dapat diretas dengan mudah melalui bug tersebut. Bahkan, jelas Drake, hanya butuh satu pesan teks (SMS) untuk meretas perangkat Android.

Dilansir laman Forbes, Sabtu (8/8/2015), bug yang diberi nama "Stagefright" oleh Drake ini terletak pada media libraries perangkat Android yang berfungsi untuk membaca format file umum seperti PDF.

Bug tersebut dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk menyusupkan malware jahat. Bahayanya, penyusupan malware melalui bug ini, ungkap Drake, tidak membutuhkan interaksi dengan pengguna.

Sebagai catatan, umumnya malware yang biasa disusupkan oleh hacker membutuhkan interaksi pengguna. Sebagai contoh, malware biasanya disembunyikan pada file atau link yang dilampirkan pada pesan. Malware tersebut hanya bisa menyusup ke dalam perangkat jika pengguna meng-klik atau mengunduh file tersebut.

Namun, dengan bug Stagefright, malware dapat tersebar tanpa harus ada interaksi dengan pengguna. Hacker hanya perlu mengirim pesan dan malware yang memanfaatkan bug Stagefright pun bisa melenggang dengan bebas ke dalam perangkat.

Tanggapan Google

Menanggapi permasalahan ini, pada konferensi keamanan cyber Blackhat yang berlangsung beberapa waktu lalu, kepala tim insinyur Android, Adrian Ludwig, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan update sistem operasi untuk menambal bug Stagefright.

Update sistem operasi itu juga telah diuji pada jajaran perangkat Nexus. Dan hasilnya diklaim cukup menggembirakan.

Ludwig melanjutkan, sejumlah perangkat populer Android seperti Samsung Galaxy S6, S6 Edge, Galaxy S5, Galaxy Note 4, HTC One M7, M8, M9, LG G2, G3, G4, Sony Xperia Z2, Z3, Z4, Z3 Compact, serta seluruh smartphone Android One akan mendapatkan update sistem operasi pada Agustus ini.

(dhi/dew)

Artikel Selanjutnya
Transfer Data via SHAREit 200 Kali Lebih Cepat dari Bluetooth
Artikel Selanjutnya
Cari Jalan Pintas, Pakai Smartfren 4G GSM