Sukses

XL dan APJII Kembangkan Internet Indonesia Exchange

XL dan APJII menandatangani kerjasama pengembangan desentralisasi Indonesia Internet Exchange (IIX) dan pemanfaatan Data Center.

Liputan6.com, Tangerang - XL dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menandatangani kerjasama pengembangan desentralisasi Indonesia Internet Exchange (IIX) dan pemanfaatan infrastruktur Data Center XL beserta jaringan pendukungnya.

Melalui kesepakatan ini, infrastruktur XL yang tersedia di Jakarta, Surabaya, dan Pekanbaru telah siap untuk mendukung program kerja APJII dalam rangka membentuk jaringan interkoneksi nasional yang andal.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyaksikan penandatangan nota kerjasama yang dilakukan oleh Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan dan Ketua Umum APJII, Jamalul Izza, di sela-sela ajang pameran “Dari Indonesia Untuk Dunia” di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

“XL memiliki komitmen untuk mendukung penuh program APJII dalam membantu pemerataan pembangunan. Karena itu, kami menyambut baik program APJII tentang desentralisasi IIX karena sangat sesuai dengan tujuan pemerataan dan percepatan akses pita lebar (broadband) di daerah-daerah," kata Ongki melalui keterangan resminya.

Melalui kolaborasi ini, lanjut Ongki, para anggota APJII terutama yang berada di daerah diharapkan dapat lebih memberikan layanan yang prima bagi para pengguna jasa internet yang mereka miliki.

Ongki menambahkan, kerja sama ini juga sangat strategis mengingat kebutuhan anggota APJII atas data center dan infrastruktur pendukung lainnya yang berlokasi di daerah dan memiliki standar internasional.

XL Data Center siap melayani kebutuhan anggota APJII terutama yang berada di daerah. Bersama-sama dengan APJII, XL akan mempersiapkan Data Center Pekanbaru sebagai IIX1 untuk daerah Sumatra, Data Center Jakarta sebagai IIX6 di daerah Jakarta, dan Data Center Surabaya sebagai IIX5 di daerah Surabaya.

Semua Data Center tersebut merupakan pusat data di mana layanan komputasi awan, collocation, dan bahkan juga Disaster Recovery Center (DRC) baik publik maupun private dapat dibangun.

Khusus untuk Sumatera, keberadaan Data Center Pekanbaru akan dapat memberikan nilai tambah bagi para anggota APJII disana dan sangat sesuai bagi program pemerataan pembangungan yang berkelanjutan.

Saat ini XL Data Center merupakan Data Center pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi internasional ISO/IEC 27001 untuk Information Security Management, ISO/IEC 20000-1 untuk Information Technology Service Management, Uptime TIER III Design, dan juga dilengkapi dengan sertifikat nasional MAWAS ID yang dikeluarkan oleh lembaga lokal Cloud Security Identity yang terafiliasi dengan Universitas Indonesia.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini