Sukses

Pikat Industri Percetakan, HP Boyong 2 Printer 'Jumbo' Terbaru

HP meluncurkan dua printer ‘jumbo’ yaitu PageWide XL 8000 dan Latex 370.

Liputan6.com, Jakarta - Hewlettt-Packard (HP) kembali merilis jajaran produk terbarunya di Tanah Air. Kali ini, perusahaan asal Negeri Paman Sam itu meluncurkan dua printer ‘jumbo’ yaitu PageWide XL 8000 dan Latex 370.

President Director HP Indonesia, Subin Joseph, mengatakan bahwa kedua produk ini merupakan bukti konsistensi HP dalam berinovasi. Ia pun mengklaim keduanya merupakan produk yang ramah lingkungan.

“Kami adalah leader dalam bisnis solusi grafis, tapi kami bukan hanya sekadar menghadirkan teknologi atau solusi untuk konsumen dan partner. Kami selalu berusaha memberikan inovasi terbaik yang dapat menjadi solusi dan produk yang ramah lingkungan,” kata Joseph di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (6/8/2015).

Bentuk inovasi HP bisa dilihat pada kedua produk terbarunya. PageWide XL 8000 diklaim memiliki keunggulaan cetak produksi berkualitas tinggi dengan kecepatan 30 D/A1 per menit.

Printer ini dilengkapi kartrid-kartrid tinta berukuran 775 milimeter untuk masing-masing warna terpisah dengan fitur switching otomatis, serta dapat melayani hingga 6 rol media sekaligus atau setara ukuran 1.200 meter.

Sejumlah keunggulan lain dari printer ini adalah dapat mencetak warna dan hitam-putih dalam kecepatan yang sama dan hasil cetak yang tahan air.

“Produk ini sangat kompetitif karena dengan segala keunggulannya pasti dapat menarik perhatian konsumen, mulai dari kecepatan cetak, tahan air hingga akurasi warna dan garis yang dihasilkan,” ungkap Market Development Manager, Designjet, Graphics Solution Business PPS HP Indonesia, Lydia Budianto.

Diungkapkan Lydia, target dari PageWide XL 8000 adalah Konsumen yang kerap mencetak gambar teknis. “Seperti industri percetakan, manufaktur, kontraktor dan arsitek,” sambungnya.


HP PageWide XL 8000 (Liputan6.com/ Andina Librianty)

PageWide XL 8000 dibanderol Rp 1,1 – 1,5 miliar. Kendati dijual dengan harga tinggi, printer itu diklaim sudah berhasil memikat cukup banyak pengunjung di FGD Expo 2015 yang dibuka pada hari ini di JCC. Sayangnya ia enggan mengungkapkan jumlah pembeli, pesanan ataupun target penjualan di pameran tersebut.

Sedangkan produk baru lainnya, Latex 370, memiliki kartrid tinta berkapasitas besar sehingga lebih menghemat biaya operasional. Latex 370 mempunyai kartrid tinta berkapasitas 3 liter.

Diungkapkan Sales Development Manager Larger Format Production Printing & Personal System Group HP Indonesia, Andy S. Hidayat, Latex 370 memiliki tiga keunggulan utama yaitu memiliki teknologi ramah lingkungan, kualitas cetak yang bagus serta bisa mencetak di banyak material seperti tekstil, kanvas, dan wallpaper.

Printer berukuran 64 inci tersebut dirancang khusus untuk Print Service Provider (PSP) atau penyedia layanan cetak dengan tingkat produksi cetak tinggi. Selain itu, Latex 370 juga dilengkapi HP Latex Mobile App, sehingga konsumen tidak perlu menunggu dan mengawasi proses pencetakan secara langsung.

“Aplikasi smartphone ini semakin memudahkan pengguna termasuk PSP, karena mereka tidak lagi harus selalu mengawasi proses pencetakan secara langsung. Mereka bisa memantau perkembangan proses pencetakan dari jarak jaruh,” tutur Andy.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat memantau kapasitas tinta, apa yang sedang dilakukan oleh printer, hingga notifikasi yang akan muncul jika terjadi error.

Printer yang ditargetkan untuk PSP dan orang-orang yang kerap mencetak di berbagai material ini dibanderol Rp 200 – 500 juta selama FGD Expo 2015 berlangsung selama empat hari.

“Kita punya target Latex 370 ini bisa mendapatkan 20-25 persen pangsa pasar printer format besar untuk kategori 42 – 64 inci,” tutup Andy.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.