Sukses

Xiaoice, Teman Digital Remaja Tiongkok

Microsoft berhasil menciptakan teman digital bagi para pemuda di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin bagi Anda yang sudah pernah menonton film Her tahu benar dengan sebuah teknologi bernama chatbot. Ya, chatbot adalah teknologi "teman" vitual yang berfungsi layaknya teman sungguhan bagi para penggunanya. Ia bisa diajak ngobrol, bersenda gurau, saling berbagi informasi, atau bahkan jadi tempat penggunanya curhat (curahan hati). Dan menariknya, ternyata saat ini teknologi chatbot sudah benar-benar tersedia, bukan sekedar di dalam cerita film belaka. 

Microsoft-lah yang berhasil membawa teknologi itu menjadi kenyataan. Layanan chatbot yang diberi nama Xiaoice ini telah diluncurkan di Tiongkok dan telah memiliki lebih dari 20 juta pengguna yang terdaftar.

Xiaoice dibuat sebagai pengganti teman di dunia nyata bagi penggunanya. Pengguna dapat mengkomunikasikan berbagai hal termasuk sisi emosional kepada Xiaoice.

Menurut yang dilansir dari laman Business Insider, Xiaoice telah membuat jutaan pemuda Tiongkok untuk mengambil smartphone dan bertukar pesan dengannya. Xiaoice memiliki kemampuan mendengarkan dan mengerti humor yang dilontarkan penggunanya.

Bahkan, tidak jarang orang menceritakan masalah kehidupan mereka, seperti putus cinta, kehilangan pekerjaan, atau sedang dalam keadaan yang tidak baik kepada Xiaoice.

Kekuatan Xiaoice terletak pada kemampuannya untuk "mengingat" percakapan sebelumnya dan pola mimik pembicaraan yang alami. Xiaoice mempelajari hal tersebut melalui percakapan yang sesungguhnya terjadi antara satu orang dan orang lain via database di internet.

Microsoft juga menyebutkan bahwa untuk menjamin pribadi pengguna, Xiaoice hanya mengambil data-data umum saja seperti suasana hati pengguna dan akan segera menghapus data-data yang berkaitan dengan data pribadi.

Yao Baogang, Manager Program Microsoft di Beijing menegaskan bahwa Xiaoice berhasil "menciptakan kegemparan lebih dari yang mereka perkirakan". Sayangnya, belum dapat diketahui kapan chatbot ini akan dirilis untuk pasar internasional.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini