Sukses

Kurang Puas dengan Windows 10? Begini Cara Downgrade-nya

Ada dua cara yang dapat ditempuh, yakni menggunakan fasilitas Windows Update dan secara manual.

Liputan6.com, Jakarta - Windows 10 menjadi gebarakan baru dari Microsoft di pertengahan tahun 2015 ini. Sistem operasi generasi terbaru ini diklaim merupakan penyempurnaan dari seluruh edisi sistem operasi yang pernah dirilis Microsoft.

Sejauh ini, Windows 10 mendapat sambutan cukup positif dari para pengguna. Di awal Agustus ini saja pihak Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 telah terpasang di lebih dari 14 juta perangkat. Mereka bahkan menargetkan dalam 2-3 tahun ke depan, Windows 10 akan diadopsi oleh 1 miliar perangkat.

Akan tetapi, mungkinkah di antara Anda yang merasa tidak nyaman menggunakan Windows 10? Jika iya, maka jangan khawatir. Sebab, ternyata pengguna sangat dimungkinkan untuk melakukan downgrade ke sistem operasi sebelumnya, yakni Windows 8.1 ataupun Windows 7.

Ada dua cara yang dapat ditempuh. Yang pertama adalah menggunakan fasilitas Windows Update, dan yang kedua dapat dilakukan secara manual. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan seperti yang dipaparkan pada laman PC Advisor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Downgrade menggunakan Windows Update

Bagi para pengguna yang melakukan upgrade ke Windows 10 menggunakan Windows Update, Microsoft menawarkan opsi downgrade ke sistem operasi lama Anda. Namun, dengan catatan hal ini hanya bisa dilakukan dalam rentang waktu 30 hari setelah Anda melakukan upgrade.

Untuk melakukan downgrade menggunakan fasilitas Windows Update, Anda harus mengakses tombol Start Menu > pilih menu Settings > pilih menu Update & Security > klik tombol Recovery > Anda akan menemukan pilihan kembali ke Windows 8.1 atau Windows 7 (pilih salah satu sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan sebelumnya) > klik Next dan proses downgrade akan berlangsung.

3 dari 3 halaman

Downgrade secara manual

Cara ini sebenarnya tidak terlalu disarankan. Namun, bagi Anda yang ingin melakukan downgrade namun masa 30 hari yang ditetapkan Windows Update sudah terlewat, maka cara ini bisa menjadi pilihan. Akan tetapi, perhatikan langkah-langkahnya dengan benar dan runut.

Pertama, sebelum melakukan proses downgrade, Anda diwajibkan untuk mem-backup berbagai data penting. Untuk memudahkan Anda, Microsoft telah secara otomatis menyimpan seluruh data Anda, baik lama maupun baru di sebuah folder bernama Windows.old pada hardisk.

Kedua, siapkan DVD Windows 8.1 atau Windows 7 yang Anda miliki > masukkan ke DVD room dan lakukan restart > lalu di layar akan muncul "Instal Windows" dan Anda akan diminta untuk memilih bahasa, zona waktu, dan input keyboard > setelah itu akan muncul opsi Upgrade dan Custom, pilih yang Custom > lanjutkan langkah seperti biasa Anda menginstalasi sistem operasi Windows.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.