Sukses

Cortana Bisa Gantikan Fungsi Google Now di Android

Fitur baru yang diberikan untuk Cortana di Android membuatnya mampu untuk menggantikan fungsi Google Now.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebelumnya dirilis secara terbatas di perangkat Android, kini fitur asisten pribadi digital Cortana telah dibekali fitur terbaru oleh Microsoft yang mampu menggantikan fungsi Google Now.

Seperti yang diketahui, fitur Google Now pada smartphone Android dapat diakses melalui shortcut dengan cara menekan dan menahan tombol home. Nah, fitur baru yang disematkan Microsoft juga memungkinkan para pengguna perangkat Android untuk mengakses Cortana melalui shortcut yang sama.

Dilansir laman The Verge, Senin (10/8/2015), langkah Microsoft ini tampaknya merupakan upaya untuk memberikan pengalaman baru bagi pengguna Android dalam menggunakan Cortana. Dengan mengatur Cortana sebagai asisten digital secara default menggantikan posisi Google Now, maka pengguna Android dapat merasakan pengalaman menggunakan Cortana lebih sering.

Meski demikian, nampaknya masih banyak yang harus dilakukan Microsoft untuk menghadirkan Cortana secara utuh di perangkat Android. Pada versi terbatas ini saja, Cortana belum mendukung kemampuan navigasi suara "Hey Cortana", seperti kemampuan "Ok Google" di Google Now. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan keterbatasan hardware untuk mengakomodasi kemampuan Cortana. 

Untuk sementara, bagi para pengguna Android yang tertarik untuk menggunakan Cortana, diharuskan terlebih dulu melakukan pendaftaran di situs resmi Microsoft.

Cortana sendiri memang muncul sebagai pesaing serius bagi Siri milik Apple dan Google Now dari Google. Cortana pertama kali muncul di Windows Phone 8.1 dan sekarang juga hadir sebagai asisten digital bawaan di sistem operasi anyar Windows 10.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.