Sukses

6 Wanita Ini Tak Kalah Hebat dari Bill Gates Ataupun Steve Jobs

Orang dikenal luas karena karya besarnya. Namun, tidak demikian dengan 6 wanita yang memprogram komputer digital pertama ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg merupakan sederet nama yang berjasa dalam perkembangan dunia teknologi. Namun untuk saat ini, lupakan sejenak ketiganya karena pada tahun 1940-an sudah ada 6 wanita hebat yang memprogram komputer digital pertama.

Keenam wanita luar biasa itu adalah Fran Bilas, Betty Jennings, Ruth Lichterman, Kay McNulty, Betty Snyder dan Marlyn Wescoff. Mereka terlibat di dalam proyek ENIAC atau Electronic Numerical Integrator And Computer pada tahun 1940-an. 

Kelahiran Pemrograman

ENIAC merupakan komputer digital pertama di dunia. Pada awalnya ENIAC didesain dan digunakan untuk menghitung tabel artileri tembak untuk Laboratorium Penelitian Balistik Angkatan Darat Amerika Serikat, yang salah satu program pertamanya mengenai kelayakan bom hidrogen.

Ketika ENIAC diumumkan pada tahun 1946, ENIAC digembar-gemborkan di media massa sebagai "otak raksasa". Ia sanggup beroperasi hingga seribu kali lebih cepat daripada mesin elektro-mekanis konvensional di masa itu.

Kekuatan komputasi ENIAC, yang dipadukan dengan pemrograman untuk implementasi tujuan umum, memukau para ilmuwan dan pelaku industri. Sayangnya, walaupun keenam wanita yang terlibat di dalam proyek ENIAC ini berjasa besar, mereka kurang dikenal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta singkat para wanita pemrogram ENIAC

1. Fran Bilas

Wanita yang juga dikenal dengan nama Frances Spence ini berasal dari Philadelphia. Dulu ia kuliah di Temple University, namun pindah ke Chestnut Hill College setelah mendapatkan beasiswa di sana. Jurusan yang ia ambil adalah matematika dan fisika. Ia meninggal di usia 90 tahun pada tanggal 18 Juli 2012.

2. Betty Jennings

Betty Jennings adalah pemrogram yang pertama kali terpilih dalam proyek ENIAC. Ia merupakan sarjana jurusan matematika. Sebelumnya ia dipekerjakan di University of Pennsylvania untuk bekerja di Aberdeen Proving Ground. Selama bekerja di sana, ia menemui suaminya yang merupakan insinyur yang bekerja untuk proyek Pentagon.

3. Ruth Lichterman

Ruth Lichterman merupakan lulusan jurusan Matematika. Hunter College adalah kampus di mana ia mendapatkan gelar sarjananya. Ia meninggal di Dallas, Texas pada tahun 1986. Ia melatih kelompok pemrogram generasi berikutnya selama lebih dari dua tahun.

3 dari 4 halaman

Fakta singkat para wanita pemrogram ENIAC

4. Kay McNulty

Di antara keenam pemrogram ENIAC, Kay McNulty merupakan sosok yang paling menggilai matematika, ilmu yang sangat diperlukan dalam dunia pemrograman. Bagaimana tidak, selama tahun ketiga kuliahnya, ia selalu mengambil mata kuliah matematika yang ditawarkan di kampusnya, Chestnut Hill College.

Namun malang, ia harus berjuang keras melawan penyakit Parkinson yang menyerang dirinya. Ia meninggal di Wyndmoor, Pennyslvania, pada usia 85 tahun karena penyakit kanker.

5. Betty Synder

Siapa sangka, wanita dengan latar belakang akademis di bidang jurnalisme ini terpilih sebagai salah satu dari enam wanita yang memprogram ENIAC. Kemudian, pada tahun 1953 ia menjadi pengawas pemprograman lanjutan di Laboratorium Matematika Terapan Angkatan Laut Amerika Serikat di Maryland, di mana dia tinggal sampai 1966.

6. Marlyn Wescoff

Berbeda dengan kelima rekan satu timnya, Marlyn Wescoff mengundurkan diri dari tim pemrogram ENIAC pada tahun 1947. Saat itu ia memutuskan untuk menikah, sebelum ENIAC direlokasi ke Aberdeen Proving Ground.

4 dari 4 halaman

Penghargaan dan Pengakuan


Adapun beberapa penghargaan dan pengakuan yang diberikan terhadap proyek ENIAC dan keenam wanita luar biasa ini adalah sebagai berikut:

1. ENIAC telah masuk ke dalam daftar IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) Milestone pada tahun 1987.

2. Pada tahun 1997, keenam wanita ini mendapat penghargaan Women in Technology International Hall of Fame.

3. Peran para pemrogram ENIAC didokumentasikan ke dalam sebuah film dokumenter di tahun 2010 yang berjudul Top Secret Rosies: The Female Computers of WWII dengan sutradara LeAnn Erickson.

4. Pada tahun 2014, sebuah film dokumenter pendek berjudul The Komputer garapan Kate McMahon menceritakan kisah keenam pemrogram ENIAC ini.

5. Untuk menghormati ulang tahun ke-65 dari pembukaan ENIAC, pada tahun 2011 kota Philadelphia menyatakan 15 Februari sebagai Hari ENIAC.

(why/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.