Sukses

Lebih Besar dari Google, Apa Sebenarnya Alphabet?

Alphabet akan membawahi seluruh lini bisnis Google.

Liputan6.com, Jakarta - Google secara mengejutkan melakukan restrukturisasi perusahaan dengan mendirikan sebuah perusahaan baru bernama Alphabet.

Menariknya, Alphabet justru memiliki posisi yang lebih tinggi dibanding Google itu sendiri. Alphabet berposisi sebagai induk perusahaan Google dan membawahi seluruh lini bisnis Google.

Menurut yang dilansir laman Business Insider, Selasa (11/8/2015), seluruh pemilik lembar saham Google (GOOG dan GOOGL) akan secara otomatis menjadi pemilik lembar saham Alphabet.

Selain itu, Sundar Pichai yang ditunjuk sebagai CEO baru Google akan bertanggung jawab langsung kepada Larry Page yang kini bergeser posisinya menjadi CEO Alphabet, Chairman Eric Schmidt, CFO Ruth Porat, serta penasihat perusahaan David Drummond.

Lebih lanjut dijelaskan, Alphabet akan membawahi seluruh lini bisnis Google. Google yang dipimpin Pichai akan menangani lini bisnis mesin pencari Google Search, iklan digital, Maps, YouTube, serta Android.

Sementara untuk lini bisnis lainnya yang berhubungan dengan riset dan investasi seperti Calico, Nest, Fiber, Google Ventures, Google Capital, dan proyek inkubator Google X akan dikelola langsung oleh Alphabet.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.