Sukses

Jendela Rumah Bisa Dipakai Buat Ngecas Ponsel

Tak hanya berfungsi mengatur sirkulasi udara, jendela dimanfaatkan oleh sejumlah ilmuwan untuk bisa mengisi baterai ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Jendela yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah dan mengatur sirkulasi udara, dimanfaatkan oleh sejumlah ilmuwan untuk bisa mengisi baterai ponsel.

Tim peneliti di Michigan State University tengah merancang panel konsentrator surya transparan yang diklaim mampu mengubah jendela atau lembaran kaca ke dalam sel surya fotovoltaik.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (12/8/2015), teknologi panel surya ini diklaim berbeda dengan panel surya transparan yang sebelumnya diungkapkan oleh Sharp. Pasalnya, itu benar-benar transparan secara alami.

Pemimpin penelitian ini Richard Lunt, bersama dengan timnya merasa optimis bahwa panel surya transparan ini dapat digunakan dengan mudah dan efisien, dan tidak hanya akan bermanfaat bagi sebuah bangunan, tetapi juga pada perangkat mobile.

Namun sayangnya, tingkat keberhasilan dari penemuan inovatif ini masih sekitar 1%, dan mereka tengah meningkatkannya menjadi 5%.

(isk/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.