Sukses

Makna Tersembunyi di Balik Setiap Alfabet pada `Alphabet`

Ternyata, alfabet A sampai Z punya makna tersendiri bagi `Alphabet`. Apa saja maknanya?

Liputan6.com, Jakarta - Ada makna di balik sebuah nama. Hal ini tak terkecuali berlaku juga bagi Alphabet. Sehubungan dengan kehadiran Alphabet, yang merupakan perusahaan induk Google, banyak pihak yang menebak, apa alasan pemberian nama Alphabet ini.

Alphabet berarti abjad. Abjad internasional, seperti yang kita ketahui terdiri dari 26 macam yaitu dari A sampai Z. Mengutip laman Techrunch, Kamis (13/8/2015), terdapat sejumlah hal yang berkaitan dengan Google, yang diduga mewakili makna dari huruf A sampai Z.

A untuk Alphabet

Alphabet merupakan perusahaan induk baru Google yang baru-baru ini diumumkan. Alfabet ini menangani proyek-proyek dengan inti nonbisnis.

B untuk Boston Dynamics

Boston Dynamics menciptakan robot menakutkan yang canggih. Robot ini disebut WildCat, yang dapat lari dan melompat. Boston Dynamics diakuisisi oleh Google pada tahun lalu.

C untuk Calico

Calico merupakan proyek Google di bidang kesehatan. Melalui proyek ini, Google menghabiskan jutaan dolar untuk melawan penurunan saraf (neurodegeneration) dan kanker. Calico menciptakan obat yang disebut P7C3, yang dapat digunakan untuk perawatan penyakit Alzheimer.

D untuk DeepMind

DeepMind merupakan startup yang diakuisis Google pada tahun lalu. Beberapa fitur DeepMind yang dikenal antara lain dapat membantu Google dengan apapun dari mobil self-driving untuk mengelola foto-foto, yang menunjang Google Now.

E untuk Google Earth

Dengan Google Earth, Anda dapat menjelajahi bola dunia virtual yang diambil dari citra satelit. Seiring waktu, Google telah mulai menambahkan ruang angkasa dan kedalaman laut untuk omni map.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

F untuk Google Fiber

F untuk Google Fiber

Google Fiber menawarkan kecepatan internet supertinggi, yaitu 1-gigabit, dan TV kabel melalui kabel serat optik. Sementara ini Google Fiber hanya tersedia di beberapa kota di Amerika Serikat.

G untuk Google Glass

Google Glass merupakan wearable device besutan Google dalam bentuk kacamata. Wearable device yang diperkenalkan pada Juni 2012 ini sebelumnya dijual secara terbatas kepada orang-orang terpilih saja.

H untuk Hangouts

Hangout merupakan aplikasi Google untuk group video chat.

I untuk Google Ideas

Perusahaan besar, termasuk Google, biasanya memilik lembaga "think tank". Google Ideas inilah yang berperan sebagai lembaga "think tank" milik Google. Salah satu produknya, Digital Attack Map, dapat melacak dan memvisualisasikan sumber serangan DoS (Denial-of-Service Attacks), yang merupakan serangan serius bagi pengguna komputer.

J untuk Jump VR

Jump VR merupakan kemitraan Google dengan GoPro untuk membangun virtual reality camera. Jump menggunakan GoPro Heros dalam lingkaran gunung untuk menangkap kehidupan nyata di setiap arah dan kemudian mengolahnya menjadi kenyataan virtual.

3 dari 5 halaman

K untuk Knowledge Graph

K untuk Knowledge Graph

Google Knowledge Graph merupakan basis data informasi pencarian semantik yang membantu Google memberikan jawaban yang aktual kepada para pengguna untuk pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Google Knowledge Graph ini didukung oleh puluhan miliar fakta.

L untuk Life Sciences

Life Sciences merupakan salah satu divisi di Google, yang ingin membuat kita lebih sehat dengan produk seperti lensa kontak pemantauan-diabetes.

M untuk Makani

Google mengakuisisi Makani, sebuah perusahaan yang membuat layang-layang energi yang bisa menghasilkan tenaga angin. Layang-layang ini lebih efisien daripada turbin di tanah karena tetap melayang sejauh ada angin kuat.

N untuk Nest

Sepanjang kehadirannya, Nest menciptakan termostat, alarm asap, dan kamera keamanan. Namun, suatu hari nanti, salah satu lini Google ini bisa menghubungkan semua peralatan kita ke jaringan internet.

O untuk "Ok Google" pada perintah suara

“OK Google” merupakan perintah suara yang digunakan untuk mengaktifkan Google mobile and aplikasi Chrome. Teknologi pengenalan suara dapat mengubah apa yang Anda katakan menjadi perintah, seperti "Ok Google, beri tahu aku arah ke Dolores".

P untuk Project Loon

Proyek Loon adalah inisiatif aksesibilitas internet Google yang menggunakan balon yang lebih ringan dari udara untuk memberikan koneksi internet bagi masyarakat di daerah terpencil.

4 dari 5 halaman

Q untuk QUIC Protocol

Q untuk QUIC Protocol

QUIC, yang merupakan kependekan dari Quick UDP Internet Connection adalah protokol yang dirancang Google untuk mempercepat web. Ini terbukti mengurangi rebuffering konten video sekitar 30%, dan dapat membuat halaman web lebih cepat pada koneksi lambat.

R untuk reCaptcha

reCAPTCHA adalah teknologi keamanan bot-thwarting yang dibeli Google dari Carnegie Mellon University. Teknologi ini melindungi formulir pendaftaran dengan memaksa penggunanya untuk membuktikan bahwa ia adalah manusia dengan cara mengetikkan kombinasi teks , yang secara bersamaan membantu Google mendigitalkan buku. Versi barunya dapat mendeteksi dengan satu klik saja.

S untuk Skybox Imaging

Skybox Imaging  adalah startup mikrosatelit yang diakuisisi Google pada tahun lalu senilai US$ 500 juta. Satelitnya yang lebih kecil menjadikan Skybox lebih murah untuk diproduksi dan dirilis daripada satelit konvensional.

T untuk Titan Aerospace

Titan Aerospace adalah startup drone bertenaga surya yang diakuisisi Google tahun lalu. Drone ini membantu Google memperbarui tampilan foto dari Google Maps secara lebih cepat.

U untuk Google URL Builder

URL Builder merupakan bagian dari Google Analytics, salah satu cara terbaik untuk melacak lalu lintas di situs web.

5 dari 5 halaman

V untuk Autonomous Vehicles

V untuk Autonomous Vehicles

Mobil self-driving Google ini sedang dalam pengujian jalan di Mountain View dan Austin. Kendaraan otonom tersebut menggunakan visi mesin untuk bereaksi secara aman terhadap pejalan kaki, sinyal, dan mobil lainnya. Teknologi ini dapat mengurangi kepadatan lalu lintas.

W untuk Project Wing

Project Wing adalah proyek pengiriman drone Google. Purwarupa dari proyek ini suatu hari membantu mengirimkan barang penting seperti obat untuk daerah-daerah terpencil.

X untuk Google [x]

Sebelum Alphabet, Google mengelola banyak moonshots dengan laboratorium Google [x] miliknya. Google X ini dijalankan oleh orang  yang bernama sempurna: Astro Teller.

Y untuk YouTube

Saat ini YouTube sedang membuat lompatan ke kenyatan virual dengan kemampuan untuk menonton video 360 derajat. Melalui Google Cardboard atau headset virtual reality, pengguna YouTube dapat menonton 360 konten dari sudut mana pun.

Z Is For ZygoteBody

ZygoteBody menyajikan model anatomi 3 dimensi tubuh manusia, yang bisa dimanipulasi. Penggunanya bisa mengupas lapisan kulit, otot, pembuluh darah, dan tulang untuk belajar tentang apa yang ada di dalam tubuh manusia.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.