Sukses

Mobil Listrik Bakal Bisa Diisi Ulang Secara Wireless

Teknologi baru sedang diuji Otoritas Jalan Tol Inggris yang memungkinkan pemilik mobil listrik untuk mengisi saat mereka berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Mengisi baterai mobil tanpa perlu berhenti sedang diuji coba di Inggris. Uji coba pertamanya bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknologi akan bekerja di jalan raya dan jalan-jalan utama, yang memungkinkan pengemudi kendaraan beremisi ultrarendah untuk perjalanan jarak jauh.

Pemerintah Inggris berharap bahwa teknologi baru ini bisa menarik lebih banyak pengemudi yang mungkin menunda pengisian karena titik pengisian saat ini belum memadai.

Uji coba teknologi transfer daya nirkabel dinamis (Dynamic Wireless Power Transfer) akan dimulai akhir tahun ini setelah proses pengadaan selesai. Tahapannya akan meliputi penyesuaian kendaraan dengan teknologi nirkabel dan pengujian peralatan yang dipasang di bawah jalan untuk meniru kondisi jalan tol.

"Potensi untuk mengisi ulang kendaraan beremisi rendah sambil bergerak menawarkan kemungkinan menarik," papar Menteri Transportasi Andrew Jones, seperti dikutip Sky News, Selasa (18/8/2015).

Penjualan mobil listrik dan hibrida yang sedang berkembang di Inggris dengan total 9.046 kendaraan emisi ultrarendah terdaftar pada kuartal pertama 2015. Angka ini menunjukkan kenaikan 366% dari kuartal yang sama pada tahun 2014.

(why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini