Sukses

Pengguna Tablet Lebih `Santai` Dibanding Pengguna Smartphone

Ketahui perbedaan penggunaan ponsel dan tablet dari hasil survei ini.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone telah menjadi senjata utama bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi, berjejaring sosial, dan segala aktivitas yang berorientasi pada pekerjaan.

Menurut hasil studi perusahaan pemasaran digital RealityMine, berkirim pesan, berbicara dan berkirim e-mail berkontribusi 45 persen dari total penggunaan smartphone.

Sementara untuk jenis perangkat mobile lainnya, yakni tablet, sebagian besar digunakan untuk bermain game, mendengarkan musik, dan menonton video atau TV. Dengan kata lain, sektor hiburan mendominasi penggunaan tablet. Hal ini wajar mengingat layar tablet yang lebih besar mampu memberikan pengalaman mengonsumsi konten visual yang lebih baik.

Lebih lanjut di dalam laporannya RealityMine mengungkapkan, sekitar 41 persen dari pengguna tablet melaporkan merasa puas, dan 18 persem lainnya merasa senang selama menggunakan tablet.

Dari penjelasan tersebut, RealityMine menyimpulkan bahwa ada sebuah hubungan menarik antara keterlibatan (atau "ketertarikan") dan kondisi mental pengguna yang lebih santai. Pengguna tablet seharusnya merasa lebih santai mengingat puncak kegiatan mereka adalah di rumah.

Faktanya, pengguna menggunakan tabletnya sekitar 78 persen dari waktu yang mereka punya di rumah. Sebaliknya, mereka menggunakan smartphone hanya sekitar 55 persen dari waktu yang mereka punya.

Mereka yang disurvei juga mengatakan, aktivitas paling umum yang menyertai mereka saat menggunakan tablet adalah bersantai (30%) dan minum (7%). Sebaliknya, waktu puncak untuk penggunaan smartphone --sekitar jam 12 siang-- juga merupakan waktu gangguan puncak untuk sebagian besar pengguna tablet.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.