Sukses

10 Tips dan Trik Tersembunyi di WhatsApp

Jangan mengaku tahu semua hal tentang WhatsApp, kalau belum baca 10 tips dan trik WhatsApp ini. Dijamin, tips dan trik ini brilian!

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp terus tumbuh, berkembang, dan menjadi lebih baik dengan berbagai fitur baru yang disematkan dari waktu ke waktu.

Tawaran mengirim teks dan melakukan panggilan gratis di WhatsApp telah menggoda 800 juta orang di seluruh dunia untuk menjadi pengguna setia aplikasi yang kini telah menjadi bagian dari "kerajaan" Facebook ini.

Jika Anda salah satu dari mereka, kemungkinan ada beberapa hal dari aplikasi ini yang barangkali masih tampak membingungkan, atau bahkan belum diketahui oleh Anda.

Kabar baiknya, semua itu dapat diperbaiki jika Anda mengetahui caranya.

Berikut ini 10 tips dan trik brilian di Whatsapp yang mungkin belum Anda ketahui seperti diungkap oleh laman Techradar, Senin (17/8/2015). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Ganti Smartphone

Jika Anda mau beralih ke iPhone baru, atau mengganti Android lama Anda, Anda dapat mengambil riwayat obrolan Anda (chat history).

Bila Anda menggunakan kartu microSD, maka langkah sederhananya, masuk ke Menu > Settings > Chat settings > Backup conversations.

Pindahkan microSD ke Smartphone baru, pasang WhatsApp, dan pulihkan ketika diminta. Jika cadangan terdapat pada penyimpanan internal, Anda dapat menggunakan file explorer untuk menemukan / sdcard / WhatsApp / folder dan memindahkan isinya secara manual.

2. Menghilangkan "last seen"

Ketika Anda melihat sebuah kontak pada WhatsApp, biasanya ada tulisan "last seen" di bawah nama mereka, yang memberi tahu Anda, kapan mereka terakhir membuka WhatsApp.

Jika Anda ingin agar orang-orang tidak dapat melihat kapan Anda terakhir menggunakan WhatsApp, Anda dapat mengaturnya. Caranya, buka Settings > Account > Privacy > Nobody.

3 dari 9 halaman

3. Mengecek kapan Pesan Anda Dibaca

Anda dapat mengetahui detil waktu kapan pesan Anda telah dibaca. Cukup tekan dan tahan pada pesan yang telah ditandai dua centang biru, kemudian tekan ikon Info (huruf i di dalam lingkaran), dan Anda akan mengetahui waktu persis kapan pesan Anda telah dibaca.

Di iOS, Anda juga dapat menyentuh dan menyeret (drag) pesan ke kiri untuk tujuan yang sama.

4. Mengunci WhatsApp

WhatsApp bisa dikunci? Jawabannya, bisa. Tapi, hal ini tidak mungkin dilakukan pada iOS tanpa jailbreaking. Sebaliknya, di Android Anda memiliki banyak pilihan aplikasi keamanan yang akan memungkinkan Anda untuk melindungi obrolan WhatsApp Anda dengan kata kunci (password) atau PIN.

Anda dapat mencoba Messenger and Chat Block, AppLock, atau Smart AppLock. Beberapa dari aplikasi ini bahkan akan mengambil foto, jika seseorang mencoba mengakses aplikasi Anda tanpa kata kunci atau PIN yang tepat, sehingga Anda dapat mengetahui orang itu.

4 dari 9 halaman

5. Menggunakan WhatsApp di Komputer

Jika Anda komputer atau laptop Anda sudah terpasang Chrome, kunjungi laman WhatsApp Web dan ikuti petunjuk untuk ponsel Anda.

Anda harus memastikan bahwa ponsel Anda terhubung ke Internet, utamanya melalui Wi-Fi, karena aplikasi web tersebut masih menyinkronkan segala sesuatunya dari ponsel Anda.

Jalankan WhatsApp, lalu temukan pilihan WhatsApp Web di menu, dan pindai kode QR di Chrome.Sekarang Anda dapat mulai chatting dan mendapatkan pemberitahuan pada komputer Anda. Sebagai catatan, trik ini tidak bekerja pada iOS.

6. Berhenti Menampilkan Gambar di Aplikasi Foto

Mungkin Anda tidak ingin semua gambar dari WhatsApp muncul di Camera Roll Anda pada iOS, atau di Galeri dan aplikasi foto lainnya pada Android. 

Di iOS, cara untuk tidak menampilkan gambar tersebut tersebut sangat mudah. Pergi ke Settings> Privacy> Foto dan alihkan WhatsApp menjadi off.Di Android, gunakan file manager seperti ES File Explorer, lalu pergi ke sdcard / WhatsApp / Media. 

Lalu ketuk New di bagian kiri bawah di folder yang tidak ingin Anda bagikan, kemudian buat file bernama .nomedia. Ajaib! Gambar Anda tidak akan muncul di galeri lagi.

5 dari 9 halaman

7. Menyetel Percakapan Grup Menjadi Senyap

Terkadang percakapan grup membuat berisik. Anda mungkin tidak ingin meninggalkan percakapan, tapi Anda juga mungkin tidak ingin mendapat pemberitahuan setiap kali seseorang mengirim pesan di grup.

Jika Anda menggunakan iPhone, buka grup chat, tekan subjek untuk mendapatkan layar Group Info, kemudian tekan Mute.

Di Android, buka Chat, tekan Menu, kemudian tekan Mute. Anda dapat menentukan jangka waktunya, atau Anda dapat menghapus centang pada kotak Show notifications untuk mematikan pemberitahuan secara permanen sesuai jangka waktu yang dipilih.

 

6 dari 9 halaman

8. Memulihkan Pesan yang Dihapus

WhatsApp menyokong pesan pada perangkat Anda setiap pukul 4:00 pagi. Cara termudah untuk memulihkan pesan yang baru dihapus adalah mencopot WhatsApp dari Smartphone Anda dan memasangnya kembali.

Selama proses itu, Anda akan ditanya apakah Anda ingin memulihkan pesan dari cadangan. Proses pemulihan ini akan mencakup pesan selama tujuh hari terakhir.

Jika Anda ingin mengembalikan riwayat obrolan yang lebih lama lagi di perangkat Android, gunakan aplikasi seperti ES File Explorer dan pergi ke sdcard / WhatsApp / Database untuk melihat cadangan riwayat obrolan Anda Anda.

Ganti nama file yang Anda inginkan menjadi msgstore.db.crypt, lalu pergi ke Settings > Apps > WhatsApp > Clear data, kemudian mulai kembali WhatsApp Anda dan pulihkan ketika diminta.

 

7 dari 9 halaman

9. Membuat Jalan Pintas untuk Obrolan

Jika ada obrolan tertentu yang setiap hari Anda akses, akan menghemat waktu jika Anda membuat sebuah jalan pintas pada home sceen Anda, yang langsung mengarah ke sana.

Yang perlu Anda lakukan adalah tekan dan tahan pada obrolan tersebut, kemudian pilih Add conversation shortcut dari menu pop-up. 

Maka, jalan pintas ini akan muncul di home screen Anda. Anda dapat menekan dan menahan jalan pintas itu untuk menyeretnya (drag), seperti ikon aplikasi atau widget lainnya. Cara ini hanya bekerja di Android.

 

8 dari 9 halaman

10. Mengirim pesan secara massal

Mungkin Anda ingin menghemat waktu dengan mengirimkan pesan massal, tapi itu tidak berarti juga bahwa Anda ingin semua penerima pesan Anda tahu bahwa itu adalah pesan grup. 

Fitur broadcast memungkinkan Anda mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak, tetapi akan muncul sebagai pesan pribadi antara Anda dan si penerima pesan.

Di Android, tekan Menu, kemudian New Broadcast. Di iOS, Anda cukup ketuk Broadcast List di layar Chatting, lalu ketuk New List. 

Jika penerima pesan membalasnya, pesan balasan itu hanya terkirim ke Anda, tidak ke semua daftar penerima pesan tadi.

9 dari 9 halaman

Infografis Google dan Facebook

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.