Sukses

Apple & Android Dominasi Pasar Smartphone AS

Apple dan sistem operasi (OS) Android kembali melanjutkan dominasinya di pasar smartphone Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan sistem operasi (OS) Android kembali melanjutkan dominasinya di pasar smartphone Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data perusahaan riset comScore, gabungan keduanya menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar kuartal II 2015.

Untuk kategori vendor smartphone top, Apple menduduki posisi puncak dengan 44,1 persen pangsa pasar, naik 1,5 persen dari kuartal sebelumnya. Dari lima besar vendor, hanya Apple yang mengalami perubahan positif.

5 vendor smartphone top (Foto: Phone Arena)

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Samsung yang mengalami penurunan 0,2 persen menjadi 28,1 persen. Selanjutnya pangsa pasar LG dan Motorola sama-sama turun 0,1 persen, sehingga masing-masing kini mengantongi 8,3 dan 4,9 persen. Posisi lima besar ditutup oleh HTC dengan penurunan 0,4 persen pangsa pasar menjadi 3,4 persen.

Untuk kategori platform smartphone, 'si robot hijau' Android memimpin dengan 51, 6 persen pangsa pasar. Namun dominasi OS besutan Google itu mengalami penurunan sebesar 0,8 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

5 platform smartphone top (Foto: Phone Arena)

Selanjutnya iOS Apple berada di posisi ke dua dengan 44,1 persen pangsa pasar. Persentase ini sama dengan pencapaian sebagai vendor smartphone, mengingat OS Apple tersebut hanya digunakan oleh iPhone dan iPad.

Windows Phone dan BlackBerry mengalami penurunan sebesar 0,4 persen, masing-masing kini memiliki pangsa pasar sebesar 2,9 dan 1,2 persen.

Posisi lima besar lain ditempati oleh Symbian yang stagnan dengan 0,1 persen pangsa pasar. Demikian seperti dilansir Phone Arena, Sabtu (15/8/2015).

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.