Sukses

Flash Hard Drive Samsung 16TB Pecahkan Rekor Dunia

Berapa kapasitas flash hard drive terbesar saat ini? 10GB? Salah! Samsung baru saja mengumumkan Flash Hard Drive 16TB.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan berita hangat dari Samsung akhir-akhir ini mungkin seputar ponsel. Namun, di samping itu Samsung juga memperkenalkan produk terbaru lainnya, memori flash hard drive dengan kapasitas 16 Terabyte (TB). Demikian seperti dilansir ArsTechnica, Jumat (14/08/2015).

Kabar ini sebetulnya sangat penting karena meskipun flash hard drive dikenal karena kecepatannya yang luar biasa, umumnya kapasitasnya tidaklah sangat besar.

Sebagai perbandingan, kapasitas terbesar yang sudah ada sebelumnya sekitar 8-10 Gigabyte (GB) saja. Bisa disimpulkan bahwa Flash Hard Drive Samsung 16TB adalah yang terbesar di dunia saat ini.  

ArsTechnica menjelaskan, flash hard drive ini mengusung teknologi flash NAND 256 gigabit. Selain itu, perangkat ini juga dipadukan dengan teknik penyusunan 3 dimensi secara efektif untuk menyesuaikan dengan kapasitas penyimpanan yang lebih lega ke dalam ruang yang sama.

Secara tradisional, flash chip hanya disusun mendatar pada bidang 2 dimensi. Namun, Samsung malah menyusun beberapa lapis sel memori satu sama lain untuk mencapai kepadatan penyimpanan yang lebih besar.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini