Sukses

Facebook Kembangkan Aplikasi Mirip Twitter

Facebook dikabarkan sedang mengembangkan aplikasi berita terbaru untuk menyaingi Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru-baru ini dikabarkan akan merilis aplikasi berita yang berdiri sendiri untuk perangkat mobile.

Fitur yang dikabarkan sedang dalam uji coba 'alpha' ini merupakan inisiatif Facebook for Business. Melalui produk baru ini pengguna dapat memilih dan mengikuti topik berita tertentu.

Ketika ada berita baru yang hadir maka pengguna akan mendapatkan notifikasi sepanjang 100 karakter dan `url` berisi berita tersebut. Pengguna yang merespon notifikasi tersebut akan dibawa ke situs publikasi untuk membaca artikel tersebut.

Dilansir dari laman The Guardian.com, MInggu (16/8/2015), aplikasi  terbaru dari Facebook ini akan secara spesifik mengirimkan notifikasi kepada pengguna yang memilih topik tertentu. Dengan demikian, pihak yang akan merilis berita hanya dapat memberikan notifikasi berita secara terbatas kepada pendaftarnya.

Langkah Facebook ini tampaknya merupakan usaha untuk meningkatkan kompetisi dengan Twitter. Terlebih Twitter dianggap menguasai ranah informasi live-event.

Beberapa perusahaan dikabarkan telah dipilih Facebook untuk menjalankan uji coba awal aplikasi ini. Meskipun demikian, Facebook masih enggan mengabarkan lebih lanjut tentang rencana aplikasi barunya tersebut.

Facebook tampaknya masih akan terus menambah jumlah produk aplikasnya dengan mengembangkan aplikasi berita ini.

Facebook sebelumnya telah mengembangkan Facebook Messenger serta membeli Instagram dan Whatsapp. Ditambah beberapa aplikasi kecil seperti Hyperlapse, Slingshot, dan Groups.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini