Sukses

4G Baru Digelar, ZTE-Smartfren Uji Coba Pre-5G Tahun Depan

ZTE dan Smartfren mengklaim siap meluncurkan program uji coba pre-5G di tahun 2016 mendatang.

Liputan6.com, Shenzhen - Layanan jaringan internet cepat 4G LTE sejatinya baru saja digelar di Indonesia. Bahkan, belum semua operator telekomunikasi mengkomersilkan layanan 4G LTE mereka.

Meski begitu, ZTE dan Smartfren mengklaim siap meluncurkan program uji coba pre-5G di tahun 2016 mendatang.

Saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di Kantor Pusat ZTE, di Shenzen, China, Chief Technology Officer ZTE David An mengatakan bahwa pihaknya beserta rekan kerja mereka, Smartfren, akan membawa teknologi pre-5G Massive MIMO ke Tanah Air tahun depan.

"Kita akan membawa experience teknologi pre-5G Massive MIMO di jaringan Smartfren, yang merupakan teknologi terkini milik kami yang akan di bawa ke Indonesia," ujar David.

David menjelaskan, pre-5G pada dasarnya bukanlah penerapan dari teknologi 5G secara utuh, melainkan peningkatan dari teknologi 4G LTE dengan tujuan memberikan pengalaman akses internet cepat layaknya 5G kepada pengguna.

"Kecepatannya bisa mencapai 4-6 Kali lipat dari 4G," imbuh David.

Menanggapi hal ini, Head of Network and Special Project Smartfren, Munir SP, mengatakan, "Kami kan kerjasama dengan ZTE jangka panjang dan bukan piece per piece. Jadi, teknologi-teknologi terbaru dari ZTE pasti kami langsung adopsi."

Kerjasama antar Smartfren dan ZTE sendiri sudah dimulai sejak 2006. Lalu pada 2010, ZTE-Smarfren menggelar layaman komersil jaringan EV-DO RevB. Terkini, pada 2014 kemarin, Smartfren telah mengikat kontrak dua tahun pengembangan infrastruktur jaringan 4G LTE senilai US$ 401,9 juta dengan ZTE.

Teknologi pre-5G ZTE bisa dikatakan memang sudah siap setelah mereka pertama Kali memamerkannya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015, Maret 2015. Di September 2015 mendatang, ZTE juga rencananya akan menggelar trial komersial layanan pre-5G di Guangzhou, China.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini