Sukses

Google Doodle Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-70

Pada tanggal 17 Agustus kali ini, Google membuat Google Doodle khusus untuk turut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70.

Liputan6.com, Jakarta - Sudahkah Anda memerhatikan tampilan Google hari ini? Ada yang berbeda, bukan? Pada tanggal 17 Agustus kali ini, yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70, Google membuat Google Doodle  khusus untuk turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Memang sudah menjadi 'kebiasaan' Google untuk mengubah tampilannya sedemikian rupa yang mengikuti peringatan atau event tertentu di setiap negara yang mendukung layanan Google. Di tahun-tahun sebelumnya, Google pun pernah turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pada edisi Hari Kemerdekaan Indonesia kali ini, tampak huruf G, G, L dan E berwarna merah dan putih. Sementara huruf O 'diwakili' oleh gambar Tugu Proklamasi lengkap dengan patung Soekarno-Hatta.

Tugu Proklamasi atau disebut juga Tugu Petir, merupakan tugu peringatan proklamasi kemerdekaan republik indonesia. Tugu ini terletak di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat, yang pada saat itu dikenal dengan nama Jl. Pegangsaan Timur No. 56.

Di sana juga terdapat patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan. Ini mirip dengan dokumentasi foto pada saat naskah proklamasi dibacakan untuk pertama kalinya.

Di tengah-tengah patung Soekarno-Hatta, terdapat pula patung naskah proklamasi yang terbuat dari lempengan batu marmer hitam, yang susunan dan bentuk tulisannya mirip dengan naskah proklamasi aslinya.

Bagaimana menurut Anda Google Doodle kali ini?

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.