Sukses

M untuk Marshmallow, Versi Android Terbaru

Resmi, versi Android terbaru menyandang nama "Marshmallow".

Liputan6.com, Jakarta - Pada konferensi Google I/O, Mei 2015, Google menyebut-nyebut versi Android terbarunya dengan nama 'Android M'. Sejumlah prediksi tentang nama yang akan disandang Android M pun terus mencuat ke permukaan, seperti Muffin, Maple Syrup, dan Macaroon.

Namun ternyata semua prediksi itu meleset. Secara resmi versi Android terbaru menyandang nama 'Marshmallow'. Demikian dikabarkan CNET, Selasa (18/8/2015).

Memang, selama ini Google selalu menamai versi Android besutannya dengan nama makanan, seperti L untuk Lollipop, K untuk Kitkat, J untuk Jellybean, I untuk Ice Cream Sandwich, dan lain-lain.

Pembaruan pada versi terbaru ini akan menawarkan beberapa fitur penting baru. Misalnya, Android Pay, yang akan memfasilitasi penggunanya untuk membayar barang-barang, baik di aplikasi maupun di toko-toko retail dengan menggunakan ponsel mereka.

Selain itu, pengguna juga akan disajikan fitur baru di Google Now, yang disebut Now On Tap. Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses Google Now dengan menahan tombol Home, mirip dengan apa yang Apple tawarkan pada asisten digital besutannya Siri.

Dengan Now On Tap, Google akan mendapat data penting dari penggunanya, yang memberikan informasi berguna berdasarkan apa yang mereka lakukan pada saat itu.

Hal ini termasuk juga memahami e-mail apa yang sedang dibaca atau mengetahui dry cleaner yang biasa digunakan, yang mungkin terdengar agak konyol.

Marshmallow yang menggunakan nomor versi 6.0 ini diharapkan akan dirilis musim gugur mendatang atau sekitar 22 September 2015.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini