Sukses

Alphabet Uji Coba Robot di Alam Bebas

Perusahaan teknologi Boston Dynamics baru-baru ini melakukan uji coba robot Bipedal ciptaannya ke alam bebas.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perusahaan teknologi yang kini bernaung di bawah Alphabet (sebelumnya Google), Boston Dynamics, baru-baru ini mengumumkan uji coba robot bidepal mereka ke alam bebas untuk pertama kali.

Robot bipedal yang diberi nama Atlas itu memiliki desain yang menyerupai manusia dengan kemampuan untuk menjelajah daerah yang berat. Dalam video yang diperlihatkan, Atlas diajak untuk menjelajah hutan termasuk melewati jalur dengan banyak tanaman di depannya.

Model terbaru Atlas merupakan kombinasi dari kaki yang bertujuan untuk melintasi topografi ekstrim dan anggota badan yang mampu untuk mengangkat objek yang berat, serta kemampuan untuk 'memanipulasi lingkungan' sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar. Bahkan, Atlas dikabarkan memiliki kemampuan untuk mendaki.

Atlas juga telah dilengkapi dengan dua kamera stereo yang berfungsi sebagai mata bagi pengguna yang nanti akan mengendalikannya. Ditambah laser pencari yang berfungsi untuk menentukan keadaan sekitarnya.

Dilansir dari laman Techtimes, Rabu (19/8/2015), tim pengembang Atlas menyebutkan bahwa uji coba di alam bebas lebih berat dibandingkan dengan uji coba dalam laboratorium.

"Dunia luar memiliki tantangan yang sangat berbeda dibandingkan di laboratorium," ungkap Mark Raibert, pendiri Boston Dynamics.

"Kita sulit untuk memperkirakan kemungkinan-kemungkinan yang akan muncul," tambah Raibert.

Atlas disebut sudah mampu berjalan dengan tertatih-tatih namun dia belum mampu untuk benar-benar berdiri dengan bebas.

Hal ini disebabkan Atlas masih terhubung dengan sumber daya yang cukup besar, sehingga sampai saat ini para insinyur di Boston Dynamics masih berusaha untuk menemukan penyelesaiannya.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini