Sukses

Layanan 4G LTE Smartfren Resmi Digelar

Smartfren secara resmi mengumumkan peluncuran layanan komersial telekomunikasi 4G LTE-Advanced yang pertama di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT. Smartfren Telecom, Tbk., Rabu (19/8/2015), secara resmi mengumumkan peluncuran layanan komersial telekomunikasi 4G LTE-Advanced yang pertama di Indonesia.

Jaringan 4G LTE-Advanced yang digelar Smartfren diklaim mampu memberikan kecepatan akses data internet cepat dan terluas di Tanah Air.

Franky Widjaya, Vice Chairman Sinarmas Group selaku induk perusahaan Smartfren mengungkapkan, "Layanan 4G LTE kami telah resmi komersial secara nasional. Peluncuran akses internet cepat ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang menginginkan industri kreatif sebagai tulang punggung Ekonomi Tanah Air."

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara yang juga hadir dalam acara ini mengatakan, "Fokus Pemerintah dalam industri komunikasi saat ini ada dua. Pertama peningkatan broadband dan yang kedua adalah peningkatan daya saing industri. Smartfren mendorong broadband dengan jaringan internet dan devices."

Sebagai informasi, jaringan 4G LTE-Advanced Smartfren berjalan di atas spektrum frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz.

Menariknya, Smartfren juga menggunakan dua teknologi 4G LTE berbeda di masing-masing frekuensi tersebut. Pertama, Smartfren menggunakan teknologi jaringan 4G LTE jenis FDD (Frequency Division Duplex) di spektrum frekuensi 850 MHz. Sementara untuk frekuensi 2.300 MHz, Smartfren menggunakan teknologi TDD (Time Division Duplex).

Sebelumnya, Head of Network and Special Project Smartfren, Munir SP, sempat menjelaskan bahwa kedua jenis teknologi tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang saling mengisi (carrier agretion).

Teknologi FDD di frekuensi rendah 850 MHz dimanfaatkan untuk jangkauan yang lebih luas bagi seluruh pengguna. Sedangkan untuk teknologi TDD di frekuensi tinggi 2.300 MHz, dimanfaatkan untuk memberikan kapasitas Kecepatan yang lebih tinggi bagi pengguna.

Untuk urusan harga layanan 4G LTE-Advanced, pelanggan dapat menikmati paket Smartplan Limitless dengan bonus paket dua kali lipat pada pembelian di atas Rp 50 ribu/ bulan.

(dhi/isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini