Sukses

Lenovo dan Motorola Mulai Produksi Smartphone di India

Lenovo dan anak usahanya, Motorola, mengikuti jejak sejumlah manufaktur lain dengan merakit handset di India.

Liputan6.com, India - Lenovo dan anak usahanya, Motorola, mengikuti jejak sejumlah manufaktur lain dengan merakit handset di India. Smartphone kedua brand tersebut diproduksi di sebuah pabrik yang berlokasi di Chennai.

Menurut laporan Phone Arena yang dikutip Jumat (21/8/2015), Lenovo dan Motorola mengontrak manufaktur Flextronics untuk menangani proses perakitan smartphone di pabrik India tersebut. Smartphone pertama yang akan diproduksi adalah Moto E, disusul Lenovo K3 Note.

Motorola dan Lenovo berencana memproduksi enam juta unit smartphone di pabrik tersebut selama tahun fiskal ini.

Adapun langkah Lenovo menggelar proses produksi smartphone di India dinilai tidak mengherankan. Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan telah memproduksi PC di sejumlah pabrik di India.

Menurut riset GfK, India akan menjadi kontributor terbesar untuk pertumbuhan jumlah smartphone global pada tahun ini.

Penetrasi smartphone yang rendah dikombinasikan dengan ketatnya persaingan, sehingga membuat harga kian terjangkau, yang mana akan membantu pertumbuhan pasar smartphone India.

Manisnya 'negeri kari' tidak hanya berhasil memikat Lenovo. Sebelumnya, vendor asal Tiongkok lain yaitu Xiaomi, juga telah mulai memproduksi smartphone di negara tersebut. Xiaomi bekerjasama dengan Foxconn untuk melakukan proses produksi di Sri City.

Perusahaan lain yang dilaporkan berencana memproduksi smartphone di India antara lain adalah Oppo, Asus, Gionee, dan Huawei. Microsoft juga dilaporkan tengah menjajaki kerjasama dengan Foxconn untuk merakit sejumlah model Lumia di negara tersebut.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.