Sukses

Berkat SideSync, Galaxy Note 5 Bisa Di-Mirroring ke PC

Pengguna bisa melakukan mirroring smartphone Samsung miliknya ke laptop/tablet merek apapun dengan SideSync.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Note 5 yang diperkenalkan di acara Samsung Unpacked 2015 di New York pada 13 Agustus 2015 lalu hadir dengan beberapa fitur baru yang inovatif. Di antaranya adalah fitur off screen memo, dimana pengguna bisa menulis memo pada saat screen dalam keadaan mati. Ada juga scroll capture, pengguna bisa mem-print screen semua halaman web secara utuh dengan mudah. 

Selain kedua fitur tersebut, Note 5 juga sudah menggunakan SideSync versi terbaru yaitu versi 4.0. Fitur ini sebenarnya sudah ada di Galaxy Note sejak lama. Namun di versi 4.0 ini, pengguna bisa melakukan mirroring smartphone Samsung miliknya ke laptop/tablet merek apapun. 

"Kalau dulu fitur ini hanya bisa dikoneksikan dengan perangkat antar Samsung. Tapi kita melihat ada kebutuhan konsumen yang ingin terhubung ke perangkat lain," jelas Vebbyna Kaunang, Marketing Director Samsung Electronics Indonesia dalam sebuah sesi wawancara santai usai acara Samsung Unpacked 2015.

Ya, semua device merek apapun kini bisa terhubung berkat adanya fitur SideSync versi 4.0. SideSync memungkinkan pengguna menghubungkan smartphone miliknya ke komputer. Setelah terhubung, pengguna nantinya dapat mengontrol layar smartphone melalui laptop/tablet. 

Untuk menjalankan fungsi ini, smartphone Android tersebut terlebih dulu harus diinstal dengan aplikasi SideSync, yang bisa diunduh dari toko aplikasi Samsung, Galaxy Apps. Laptop/tablet yang ingin dijadikan mirroring juga harus diinstal dengan aplikasi SideSync.



Pendiri komunitas ID-Android dan Gadtorade, Lucky Sebastian, sempat menunjukkan cara mensinkronisasikan Note 5 dengan laptop HP miliknya. Lucky mengatakan fitur SideSync sangat memudahkan konsumen dalam melakukan pekerjaan.

"Saat smartphone sedang di-charge, kita tetap bisa menggunakannya dengan cara mirroring di tablet atau komputer. Kita bisa pakai kabel atau wireless. Ini seolah-olah kita sedang pegang device-nya," papar Lucky.

Kita bahkan tetap bisa menerima telepon, melakukan chatting BBM atau WhatApp di laptop. Intinya, semua aktivitas  yang tadinya dilakukan lewat smartphone bisa dipindahkan ke laptop. "Bahkan kita bisa copy paste konten dan data," ungkap Lucky.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini