Sukses

5 Trik Menambah Kapasitas Ruang Penyimpanan di Dropbox

Mengamankan data-data di hard disk komputer nampaknya sudah kuno. Sebagai gantinya, hadir layanan cloud storage. terbaik?

Liputan6.com, Jakarta - Cloud storage telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern kita. Faktanya, setiap hari kita hampir selalu melakukan aktivitas yang bersinggungan dengan perangkat mobile atau komputer. Karena itu, tidak mengejutkan, jika data-data kita makin lama makin besar. 

Mengamankan data-data di hard disk nampakanya sudah kuno. Sebagai gantinya, layanan cloud storage, seperti Dropbox, menawarkan penyimpanan data-data kita pada server mereka. Namun, seperti kita ketahui, akun gratis di Dropbox hanya menawarkan ruang penyimpanan 2 GB.

Untuk sekadar menyimpan dokumen, 2 GB terbilang besar dan memadai. Namun, untuk menyimpan foto, musik, atau video, rasanya ruang penyimpanan sebesar 2 GB akan terasa cepat penuh.

Lantas, bisakah kita menambah kapasitas ruang penyimpanan di Dropbox selain dengan cara berlangganan bulanan? Berikut ini triknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengundang/mengajak Teman

Cukup dengan mengundang atau mengajak teman untuk mendaftarkan diri di layanan ini, kita akan mendapat kapasitas ekstra sebesar 500 MB atau hampir 0.5 GB. Namun, trik ini tidak akan berlaku saat kapasitas ruang penyimpanan kita mencapai 16 GB.

3 dari 6 halaman

Menghubungkan ke Facebook dan Twitter

Jika kapasitas 16 GB dirasa masih tidak cukup, masih ada trik lain untuk mendapat ruang penyimpanan ekstra di Dropbox. Caranya, hubungkan akun Dropbox kita dengan Facebook dan Twitter. Dengan begitu, kita akan mendapat ruang penyimpanan ekstra sebesar 2 x 124 MB.

4 dari 6 halaman

Menyetel Akun Mailbox

Siapa mengira, hanya dengan menyetel akun mailbox, kapasitas ruang penyimpanan kita bisa makin lega. Saat ini, tambahan 1 GB bisa kita dapat setelah kita menyetel akun mailbox.

5 dari 6 halaman

Mengikuti Panduan Get Started

Kapasitas ekstranya masih kurang? Tenang. Masih ada trik untuk menambahnya. Ikuti panduan Getting Started (panduan dasar pengguna awal) sampai selesai, maka kita Dropbox akan memberi tambahan ruang penyimpanan sebesar 250 MB.

6 dari 6 halaman

Mengaktifkan Fitur Camera Upload

Dengan mengaktifkan fitur camera upload, kita akan mendapat ruang penyimpanan ekstra sebesar 3 GB, dan secara otomatis foto-foto kita di tablet atau smaprthone akan terunggah ke layanan cloud milik Dropbox. Cara ini cocok bagi pengguna tablet atau smartphone yang menggemari fotografi.

Di samping kelima trik tersebut, dengan membeli handset tertentu besutan Samsung, kita bisa mendapat ruang penyimpanan gratis di Dropbox sebesar 50 GB untuk jangka waktu dua tahun.

(why/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini