Sukses

Indosat Galakkan Minat Baca Lewat Aplikasi Cipikabookmate

Banyak pengguna yang menghabiskan waktunya untuk mengakses media sosial, sehingga lupa menjaring informasi lain melalui buku.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone dan sosial media kini menjadi paket lengkap yang tak terpisahkan. Banyak pengguna yang menghabiskan waktunya untuk mengakses media sosial, sehingga lupa menjaring informasi lain melalui buku.

"Anak muda kini jarang sekali membaca, mereka lebih memilih lewat sosial media. Tak heran mereka banyak menghabiskan waktu untuk mengakses Facebook dan Twitter," kata Simon Dunlop, co-founder Bookmate.

Ditemui pada talkshow Cipikabookmate, Senin (24/8/2015) di Jakarta, Simon berujar bahwa pihaknya ingin menggiatkan kembali minat baca di Indonesia dengan mengubah kebiasaan mereka membaca. Caranya melalui Cipikabookmate, aplikasi buku digital, hasil kerja sama Bookmate dan Indosat.

Melalui buku digital, Dunlop ingin membawa tren mobile reading atau membaca melalui perangkat mobile.

"Kita tahu kebanyakan orang membaca buku fisik rata-rata 12-15 menit. Kami ingin membawa kebiasaan baru untuk pembaca di Indonesia dengan mulai membaca mobile," tambahnya.

Carlos D Karo-Karo, Division Head Digital Commerce Indosat, mengaku optimistis dengan layanan Cipikabookmate. Menurutnya, selama Indosat memiliki platform, sistem payment, dan keamanan yang baik, ia meyakini penetrasi buku digitalnya akan lebih mudah terserap di masyarakat.

"Cara kami meyakinkan pembaca untuk menggunakan produk kami, salah satunya dengan menggandeng penerbit lokal, sehingga banyak konten lokal yang dapat dinikmati pembaca," katanya di sela-sela talkshow.

Nukman Lutfie, Pakar Sosial Media, menyebutkan buku digital atau biasa disebut e-book diharapkan mampu menjadi solusi bagi mereka yang tak mampu membeli buku mahal.

"Smartphone sekarang makin terjangkau, terutama banyaknya smartphone dengan layar lebih besar. Ini yang membuat buku digital makin populer."

(cas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini