Sukses

Cara Mudah Mengaktifkan Modus `Tuhan` di Windows 10

Ada satu cara yang memungkinkan Anda mengakses semua setelan dan kendali di satu tempat sekaligus di Windows 10.

Liputan6.com, Jakarta - Di sistem operasi Windows 10, setelan (settings) dan kendali (controls) terbagi menjadi menu setelan baru dan panel kendali (control panel) tradisional. Beberapa setelan, seperti setelan khusus untuk layar sentuh dan pembaruan Windows, hanya ditemukan di menu Settings. Sementara yang lainnya, seperti Device Manager, masih bisa diakses melalui Control Panel.

Pembagian ini terasa memusingkan, bukan? Jika jawabannya "ya", maka sebaiknya Anda menyimak artikel berikut ini, sebagaimana yang dilansir laman CNET dan dikutip Minggu (30/08/2015). 

Untuk mengatasi masalah ini, ada satu cara yang memungkinkan Anda mengakses semua setelan dan kendali di satu tempat sekaligus, yaitu Modus Tuhan atau GodMode.

GodMode merupakan folder khusus yang dibuat untuk melihat semua panel kendali di satu tempat saja. Di folder ini, Anda dapat melakukan segalanya, mulai dari menambahkan jam untuk zona waktu yang berbeda, sampai menjalankan proses defrag untuk drive komputer Anda.



Untuk mengaktifkannya, klik kanan pada desktop, lalu klik New, klik Folder. Maka akan ada satu folder baru yang muncul di desktop Anda.

Selanjutnya, ganti nama folder baru tersebut dengan GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}.

Maka seketika ikon folder tadi akan berubah menjadi ikon panel kendali dengan nama folder GodMode. Artinya, selamat, Anda berhasil mengaktifkan GodMode. Kemudian, untuk melihat panel setelan terbaru Anda yang menawarkan akses setelan dan kendali dalam satu tempat, klik dua kali pada ikon tersebut.

Sebagai informasi, cara mengaktifkan GodMode ini juga berlaku untuk Windows 7. Uniknya, nama panel kendali satu tempat ini ternyata bisa diubah, misalnya dengan nama Anda sendiri, seperti "WahyuMode".

(why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.