Sukses

4G LTE Smartfren Tembus 15,5 Mbps di Semarang

Smartfren baru saja mengomersialisasikan layanan 4G LTE mereka secara resmi pekan lalu.

Liputan6.com, Semarang - Pada kesempatan kali ini, tim Tekno Liputan6.com melakukan tes kecepatan jaringan (speed test) layanan 4G LTE-Advanced Smartfren di Semarang, tepatnya di SMP Sultan Agung, Selasa (25/8/2015).

Dari hasil speed test yang dilakukan, kecepatan unduh (download) Smartfren di lokasi tersebut mencapai rata rata 15,5 Mbps. Sementara, kecepatan unggah (upload) rata-rata 3,24 Mbps.
Speed test 4G LTE Smartfren
Uji kecepatan layanan 4G Smartfren merupakan bagian dari uji jaringan (network drive test) 4G Smartfren yang dilakukan di beberapa kota, termasuk Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

Operator berbasis CDMA ini baru saja mengomersialisasikan layanan 4G LTE mereka secara resmi pekan lalu di 22 kota besar di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Smartfren menggunakan dua frekuensi yang dimilikinya untuk layanan 4G, yakni di 850 MHz dan 2.300 MHz.Smartfren juga menggunakan dua teknologi 4G LTE berbeda di masing-masing frekuensi tersebut.

Pertama, Smartfren menggunakan teknologi jaringan 4G LTE jenis FDD (Frequency Division Duplex) di spektrum frekuensi 850 MHz. Sementara untuk frekuensi 2.300 MHz, Smartfren menggunakan teknologi TDD (Time Division Duplex).

Operator ini menargetkan 50% pelanggan CDMA-nya segera bermigrasi ke 4G LTE pada akhir tahun 2015.

(cas/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.