Sukses

4 Aplikasi Ini Bisa Sulap iPad Jadi Scanner

Tahukah Anda, ternyata iPad bisa disulap menjadi scanner (pemindai)?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pekerja kantor, perangkat seperti mesin cetak (printer) dan pemindai (scanner) adalah kebutuhan mutlak. Bicara soal scanner, kabarnya iPad bisa disulap menjadi sebuah perangakat yang befungsi layaknya scanner kantoran.

Perangkat besutan Apple ini ternyata dapat dengan mudah memindai dokumen dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Bahkan, aplikasi-aplikasi pihak ketiga tersebut jauh lebih baik daripada pemindai konvensional.

Aplikasi-aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk mengedit dokumen yang dipindai, mengirimkannya melalui faks, dan menyimpannya ke layanan cloud. Salah satu dari aplikasi-aplikasi tersebut bahkan bisa membacakan kembali dokumen yang dipindai bagi Anda. Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut, berikut ini ulasannya seperti dikutip dari laman About, Kamis (27/08/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Scanner Pro

Aplikasi pertama yang bisa menyulap iPad menjadi pemindai adalah Scanner Pro. Scanner Pro merupakan kombinasi yang tepat antara harga dan kehandalan. Aplikasi ini mudah digunakan, bisa memindai dalam jumlah banyak, dan memiliki kemampuan untuk mengirim dokumen melalui faks.

Hebatnya, aplikasi seharga US$ 2,99 ini menjadikannya salah satu aplikasi pemindai berbayar yang terbilang murah untuk edisi "pro". Setelah memindai, Anda dapat memilih untuk mengirim dokumen melalui e-mail atau mengunggahnya ke Dropbox, Evernote dan layanan cloud lainnya. Dan jika Anda memiliki iPhone, dokumen yang dipindai Anda secara otomatis akan disinkronkan antara perangkat Anda.

3 dari 5 halaman

Prizmo

Posisi kedua aplikasi pemindai untuk iPad ditempati oleh Prizmo. Selain memindai dokumen dan menyimpannya melalui berbagai layanan cloud, Prizmo dapat membuat dokumen hasil pemindaian yang masih bisa diedit. Hal ini dapat menjadi fitur penting, jika Anda ingin menangkap teks dari dokumen dan mengubah beberapa hal dengan cepat.

Dengan harga US$ 9.99, aplikasi ini juga memiliki fitur text-to-speech (teks ke suara), sehingga aplikasi ini tidak hanya dapat memindai dokumen, tetapi juga membacakannya bagi Anda.

4 dari 5 halaman

Scanbot

Meski Scanbot adalah pendatang baru dalam hal ini, Scanbot dikemas dengan banyak fitur besar. Aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi Anda yang hanya memerlukan pemindai biasa dengan kemampuan untuk menyimpan ke layanan cloud tanpa perlu membayar sepeser pun.

Jika semua yang Anda butuhkan adalah memindai dokumen dan menyimpannya ke iCloud Drive atau Dropbox, Scanbot layak Anda pilih. Di samping itu, Scanbot menawarkan fitur apik, yaitu Scanbot benar-benar melakukan pemindaian. Daripada menunggu sampai teks menjadi jelas dan mengambil gambar dari dokumen Anda, Scanbot melakukan deteksi ketika halaman tersebut dalam fokus yang baik dan mengambil fotonya secara otomatis.

Untuk edisi pro, harganya terbilang murah, yaitu US$ 4.99.

5 dari 5 halaman

Doc Scan HD

Doc Scan HD memiliki antarmuka terbaik, yang membuatnya sangat mudah digunakan. Fitur-fitur gratis mencakup pemindaian dan pengeditan. Jadi jika Anda perlu menambahkan tanda tangan untuk dokumen, Doc Scan adalah pilihan yang baik.

Anda dapat memilih untuk mengirim dokumen tersebut melalui e-mail atau menyimpannya ke camera roll. Tapi jika Anda ingin menyimpannya ke layanan cloud seperti Google Drive atau Evernote, Anda akan perlu membeli versi pro yang dibanderol US$ 3.99.

(why/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini