Sukses

Facebook Hadirkan Fitur Asisten Pribadi Digital

Lewat M, Facebook mencoba masuk ke ranah fitur personal assistant.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menghadirkan teknologi asisten pribadi digital, Facebook tampaknya juga tidak ingin kehilangan kesempatan itu. 

Setelah Apple hadir dengan Siri, Google dengan Google Now, serta Microsoft dengan Cortana, Facebook telah siap menghadirkan asisten pribadi digital yang diberi nama M. 

M sendiri akan mulai diuji coba oleh Facebook. Namun, M bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri, melainkan nantinya diikutsertakan dengan aplikasi Messenger milik Facebook.

Seperti dikutip dari laman Techcrunch, Kamis (27/8/2015), David Marcus, Vice President of Messaging Products Facebook, lewat laman Facebook-nya mengatakan bahwa M merupakan asisten pribadi yang berbeda dengan aplikasi asisten pribadi lainnya.

Tampilan Facebook M (sumber : techcrunch.com)

Hal ini dikarenakan M dikembangkan dari artificial intelligence yang dilatih dan diawasi oleh manusia. Penggunanya dapat meminta M untuk melakukan hal-hal seperti membeli sesuatu, memesan restoran, termasuk membuat janji dan beberapa fungsi lainnya.

Tampilan Facebook M (sumber : techcrunch.com)

Untuk saat ini M masih terus dikembangkan agar dapat hadir dalam skala cukup besar untuk melayani penggunanya, sehingga pengguna Messenger nantinya dapat lebih terbantu dengan kehadiran fitur M ini.

Messenger tampaknya sekarang menjadi salah satu prioritas pengembangan Facebook terutama setelah David Marcus masuk di dalamnya. Namun sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai waktu peluncuran aplikasi M ini.  

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.