Sukses

Tips Menerbangkan Drone bagi Para Pemula

Bagi para pemula (newbie) yang ingin menggunakan alat ini, ada baiknya mengetahui prosedurnya terlebih dulu.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat tanpa awak (drone) kian populer di Indonesia. Menerbangkan drone tentunya tidak bisa sembarangan. Bagi para pemula (newbie) yang ingin menggunakan alat ini, ada baiknya mengetahui prosedurnya terlebih dulu.

Ketua Harian Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), Fajar Yusuf, membagi beberapa tips singkat yang bermanfaat bagi mereka yang baru menggunakan drone. APDI sendiri merupakan sebuah asosiasi drone pertama yang berbadan hukum di Indonesia, yang menaungi para pilot drone profesional, semi-profesional dan pegiat/pehobi drone.

"Kita harus membaca manualnya berkali-kali sampai Anda memahami seluruh isi dari buku manual itu," kata Fajar dalam wawancara khusus dengan tim Tekno Liputan6.com.

Membaca buku manual tampaknya sudah harga mati jika ingin Anda dan drone milik Anda aman. Pasalnya, menurut Fajar, setiap drone memiliki spesifikasi dan standar operasional prosedur yang berbeda-beda. Setiap drone juga memiliki sensor yang cukup canggih yang juga harus harus dipahami cara kerjanya.

"Jadi kita harus tahu apa batasan sebuah drone sehingga saat menerbangkannya kita tidak pushing it beyond the limit, kita harus selalu mengutamakan aspek safety dalam menerbangkan drone," tuturnya.

Bagi yang ingin menerbangkan drone untuk pertama kalinya, berikut beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Jangan menerbangkan drone secara sendirian. Sebisa mungkin cari teman-teman pilot drone yang sudah berpengalaman menerbangkan drone

2. Periksa alat yang kita miliki secara fisik, baik baling-balingnya, kerja motornya, baterainya sudah masuk dengan benar atau tidak, dan lainnya.

3. Pastikan saat kita menerbangkan drone tidak ada potensi interference di lapangan, misalnya gangguan gelombang elektromagnetik, gelombang radio, serta situasi di lingkungan sekitar.

Video tips selengkapnya, simak lewat video di bawah ini. Video-video lainnya dari kanal Tekno Liputan6.com bisa dilihat di sini

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.