Sukses

Sediakan WiFi, Sekolah Ini Malah Dihujat Orangtua Murid

Akibat pasang WiFi, sebuah sekolah dituntut orang tua murid karena membuat anak mereka sakit.

Liputan6.com, Masssachusetts - Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tidak sedikit sekolah yang mulai menyediakan fasilitas WiFigratis di lingkungan sekolah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Namun aneh,  sebuah sekolah di Masssachusetts, Amerika Serikat, justru dituntut oleh orang tua murid karena menyediakan fasilitas WiFi. Ada apa gerangan sebenarnya?

Menurut yang dilansir laman Ubergizmo, Sabtu (29/8/2015), konektifitas jaringan WiFi yang disediakan di lingkungan sekolah tersebu berbahaya, dan malah membuat sejumlah siswa jatuh sakit.

Sejumlah siswa berumur 12 tahun dikabarkan sering merasa pusing, mimisan dan mual ketika dia berada di sekolah. Para orang tua siswa mengatakan bahwa gejala anak mereka ini mulai sering terjadi sejak tahun 2013 lalu, yakni ketika sekolah mulai memasang sistem nirkabel baru yang diklaim dapat memancarakan sinyal WiFi lebih kuat.

Untuk membuktikannya, pihak sekolah pun melakukan serangkaian uji coba sesuai untuk mengetahui tingkat radiasi yang dihasilkan. Namun, berdasarkan hasil uji yang didapat, ternyata radiasi sinyal WiFi di lingkungan sekolah itu masih dalam keadaan aman.

Akan tetapi, para orangtua siswa tidak mengindahkan hasil uji radiasi tersebut. Mereka tetap menuntut sekolah dan kepala sekolah terkait masalah radiasi sinyal WiFi. 

Para orangtua menuntur agar pihak sekolah untuk mengganti fasilitas WiFi dengan kabel Ethernet. Mereka pun meminta uang ganti rugi sebesar US$ 250.000.

Menurut sejumlah ahli, kasus yang terjadi di lingkungan sekolah itu dapat  digolongkan sebagai Electromagnetic hypersensitivity syndrome (EHS). Eksistensi sindrom ini memang diakui oleh World Health Organization (WHO), namun tidak demikian dengan komunitas medis umumnya. 

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini