Sukses

Pria Ini Sebar 27 Juta Spam di Facebook

Pria berjulukan 'Spam King' ini mengaku mengirim lebih dari 27 juta pesan spam melalui server Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Spam atau pesan yang dikirim secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki penerimanya, banyak ditemukan di media sosial termasuk Facebook. Bahkan salah satu pelakunya (spammer), Sanford Wallace, mengaku telah menyebarkan lebih dari 27 juta pesan spam melalui server Facebook.

Pria asal Las Vegas, Amerika Serikat (AS) itu melakukan aksinya sejak 2008 hingga 2009. Facebook diketahui menuntut Wallace pada 2009 atas tindakannya tersebut.

Laman Bloomberg yang dikutip Sabtu (29/8/2015) melansir bahwa Jaksa San Francisco, Melinda Haag, dalam pernyatannya mengatakan bahwa pria yang dijuluki sebagai 'Spam King' tersebut melakukan spamming massal setelah berhasil mendapatkan akses ke sekitar 500 ribu akun pengguna Facebook. Selain itu, dia juga mengaku telah melakukan penipuan dan penghinaan kriminal.

Dalam pernyataan tersebut, Wallace juga mengakui telah melanggar perintah pengadilan untuk tidak mengakses jaringan komputer Facebook. Akibat ulahnya, pria berusia 47 tahun tersebut dijadwalkan akan dijatuhi hukuman pada 7 Desember 2015.

Wallace menghadapi ancaman hukuman penjara selama tiga tahun, ditambah denda sebesar US$ 250 ribu atau setara Rp 3,5 miliar. Pengacara Wallace, William Burns, belum memberikan komentar terkait pengakuan kliennya tersebut.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini