Sukses

Tips Menonaktifkan Autoplay Video di Facebook dan Twitter

Liputan6.com, Jakarta Facebook dan Twitter kini tidak lagi hanya dibanjiri oleh postingan tulisan dan foto, tapi juga video. Namun ada kalanya bagi sebagian orang, fitur autoplay pada konten video cukup mengganggu, karena mereka mungkin saja tidak ingin melihat isi video bersangkutan.

Fitur autoplay sendiri sebenarnya mempermudah para pengguna menonton sebuah video. Pasalnya, pengguna tidak perlu repot meng-klik play untuk menonton video, karena video tersebut akan secara otomatis melakukannya sendiri.

Nah bagi yang merasa sering terganggu dengan fitur autoplay di Facebook dan Twitter, berikut ada sejumlah tips menonaktifkan fitur tersebut, seperti dilansir Mashable, Selasa (8/9/2015):

1 dari 4 halaman

1. Desktop

Melalui situs facebook.com, pengguna bisa menonaktifkan autoplay dari menu Settings. Setelah itu pilih 'Videos' dan pilih 'Off' di menu Auto-Play Videos.
Tips menonaktifkan autoplay video di Facebook dan Twitter (Foto: Mashable)
Sedangkan untuk Twitter, pengguna juga harus terlebih dahulu mengakses Settings. Setelah itu pengguna akan melihat tulisan 'Content', dengan berbagai pilihan termasuk 'Video Tweet'. Nah pada 'Video Tweets' ini, pengguna harus menghapus ceklis pada 'Video autoplay', kemudian pilih 'Save changes'.
Tips menonaktifkan autoplay video di Facebook dan Twitter (Foto: Mashable)

2 dari 4 halaman

2. iOS

Pada aplikasi Facebook di iOS, untuk menonaktifkan autoplay terdapat pada menu Settings, kemudian pilih 'Account Settings'. Setelah itu pilih 'Videos and Photos', lalu akan muncul 'Auto-play'.
Tips menonaktifkan autoplay video di Facebook dan Twitter (Foto: Mashable)
Nah dari sana, pengguna bisa menonaktifkan fitur tersebut dengan berbagai pilihan seperti Smart Auto-pay, Use Cellular Data and Wi-Fi, Use Wi-Fi Only, dan Never Play Videos Automatically. Jika pengguna memilih 'Smart Auto-play', Facebook akan memilih video yang bisa diputar secara otomatis di news feed dengan berbagai hal termasuk operator, daya tahan baterai, dan penggunaan data.

Sedangkan pada aplikasi Twitter, caranya adalah dengan mengakses 'Settings', kemudian 'Accounts', lalu pilih 'Video autoplay'. Seperti Facebook, terdapat berbagai pilihan untuk 'Video autoplay' yang dapat dipilih oleh pengguna.
Tips menonaktifkan autoplay video di Facebook dan Twitter (Foto: Mashable)

3 dari 4 halaman

3. Android

Cara menonaktifkan fitur autoplay pada aplikasi Facebook di Android mirip dengan versi iOS. Pengguna harus terlebih dahulu mengakses 'Settings', kemudian akan muncul pilihan 'Video play automatically'. Setelah itu pengguna bisa memilih menonaktifkannya atau tidak, serta autoplay hanya aktif jika menggunakan koneksi WiFi.
Tips menonaktifkan autoplay video di Facebook dan Twitter (Foto: Mashable)
Bagi pengguna aplikasi Twitter di Android, akses utama tetap melalui 'Settings'. Kemudian pilih 'General', lalu 'Video Autoplay'. Pengguna bisa menonaktifkan fitur tersebut atau mengubahnya hanya aktif jika menggunakan koneksi WiFi.

Selamat mencoba!

(din/cas)

Artikel Selanjutnya
Siarkan Pakai Sabu di Facebook Live, Pria Ini Gegerkan Medsos
Artikel Selanjutnya
Instagram Stories Bakal Bisa Disaksikan Lewat Desktop