Sukses

WhatsApp Kenalkan Emoji Jari Tengah dan 6 Fitur Baru

WhatsApp telah merilis update besar-besaran untuk Android. Apa saja fitur baru dan menarik tersebut, berikut ini ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp telah merilis update (pembaruan) besar-besaran untuk Android. Awalnya, pembaruan ini hanya bisa didapatkan melalui tombol di situs web-nya. Namun kini, pembaruan tersebut sudah tersedia di Google Play Store.

Dengan nomor versi 2.12.250, aplikasi pesan instan yang diakuisisi oleh Facebook ini menawarkan sejumlah fitur baru dan menarik. Apa saja fitur baru dan menarik tersebut, berikut ini ulasannya seperti dikutip dari Firstpost, Jumat (28/08/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Custom Notification

1. Custom Notification

Fitur terbaru WhatsApp yang pertama adalah custom notification untuk kontak individu atau grup. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih mengotak-atik opsi nada, durasi getaran, lampu pemberitahuan, dan nada pemberitahuan.

2. Mute untuk Kontak Individu

Berikutnya, fitur baru yang dapat dicicipi adalah fitur mute atau mematikan pemberitahuan untuk kontak individu. Sebelumnya, fitur mute ini hanya ada untuk pemberitahuan grup.

3 dari 4 halaman

Read dan Unread

3. Read dan Unread

Selanjutnya, WhatsApp menyajikan fitur untuk menandai obrolan (chat) menjadi "dibaca" (read) atau "belum dibaca" (unread) hanya dengan menekan obrolan tertentu dalam durasi agak lama (long press).

4. Penggunaan Data Rendah untuk Panggilan Suara

Selain itu, WhatsApp untuk Android juga memberi tawaran pilihan penggunaan data rendah untuk panggilan suara. Fitur ini bisa ditemukan di Settings, kemudian Chatting and Calls.

4 dari 4 halaman

Emoji Jari Tengah

5. Emoji Jari Tengah

Tak disangka-sangka, di pembaruan ini WhatsApp bahkan membawa sejumlah emoji baru, antara lain emoji jari tengah. Selain itu, dengan menekan (tap) pada emoji tertentu, akan ada pilihan warna kulit yang mewakili sejumlah ras di dunia.

6. Kartu Kontak

Ketika menerima kartu kontak (contact card), pengguna sekarang dapat dengan cepat mengirim pesan ke kontak tersebut atau menyimpannya, jika kontak tersebut sudah menjadi pengguna WhatsApp.

7. Dukungan Bahasa Urdu dan Bengali

Terakhir, pembaruan terbaru aplikasi yang mempunyai pengguna aktif 800 juta orang ini menambahkan dukungan untuk dua bahasa regional baru, yaitu bahasa Urdu dan Bengali.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini