Sukses

Top 5: Pre-order Samsung Galaxy Note 5 Sita Perhatian

Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Kamis (27/8/2015).

Liputan6.com, Jakarta - Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Kamis (27/8/2015).

1. Resmi Meluncur, Samsung Galaxy Note 5 Sudah Bisa Dipesan

Samsung Galaxy Note 5 resmi diluncurkan di Indonesia. Note 5 merupakan salah satu handset teranyar Samsung yang digadang-gadang memiliki spesifikasi 'gahar' untuk kelas phablet. Samsung mengklaim, phablet ini merupakan sebuah bukti perjalanan Samsung dalam mengembangkan perangkat berlayar besar namun kaya fitur. Pre-ordernya sudah mulai dibuka pada 27 Agustus sampai 6 September 2015. Pihak Samsung Indonesia pun akan mengadakan masa trade-in untuk para pengguna Galaxy Note seri terdahulu mulai dari 11-13 September 2015.

2. Penampakan UFO Berkecepatan Tinggi Tertangkap Kamera

Sebuah objek berkecepatan tinggi, yang diduga merupakan penampakan UFO kabarnya berhasil tertangkap kamera video milik stasiun luar angkasa International Space Station milik NASA. Objek tersebut muncul di live stream video NASA dengan kecepatan yang sangat tinggi. Juru bicara kelompok pemburu alien, SecureTeam 10, mengatakan bahwa objek tersebut bergerak sangat cepat dan hanya muncul sekali dalam satu bagian frame. Mereka menambahkan setelah dilakukan pengamatan lebih mendalam, objek yang awalnya diperkirakan sebagai partikel debu atau meteor tersebut ternyata memiliki bentuk silinder dan berukuran cukup besar.

3. Mengenal Modus Pembobolan ATM Melalui Teknik Skimming

Kasus skimming kartu Automated Teller Machine (ATM) kembali ramai diperbincangkan, terutama setelah pihak Polda Metro Jaya berhasil meringkus 5 pria yang terbukti menggasak uang di rekening tabungan 13 nasabah Bank Central Asia (BCA). Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Secara teknis, cara kerjanya mirip CD writer pada komputer yang mampu membaca CD berisi data, kemudian menyalinnya ke CD lain yang masih kosong. Alat skimmer dapat dibeli pasar-pasar gelap yang hanya diketahui oleh kalangan terbatas dengan banderol mulai dari US$ 500. Malah tak sedikit pula para pelaku yang sudah ahli dapat memproduksinya sendiri dengan mudah.

4. Kemkominfo Laporkan Pemilik Akun `Rasial` ke Polisi

Forum Demokrasi Digital menggelar diskusi tentang aturan di dunia maya. Dalam diskusi itu, staf khusus Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), Deddy Hermawan mengatakan, jika sebuah posting di situs jejaring sosial sudah melanggar poin-poin yang ada di undang-undang ITE, pemilik akunnya bisa dilaporkan ke kepolisian. Sebelumnya netizen dibuat geram oleh seorang pemilik akun Facebook dengan statusnya yang provokatif dan bernada rasial. Menindaklanjuti hal ini, pihak Kemkominfo pun melaporkannya ke kepolisian.

5. Begini Cara Kerja dan Bahaya Virus Ransomware

Pada tahun 2005, ancaman di dunia cyber bertambah dengan munculnya varian baru malware jenis ransomware. Ransomware adalah malware yang memiliki kemampuan untuk mengunci komputer atau mengenkripsi file untuk mengelabui penggunanya. Tujuannya adalah membuat pengguna memberikan uang tebusan agar file yang tersandera tersebut dilepaskan.

Malware ini bekerja dalam empat cara. Pertama, ransomware melumpuhkan komputer dengan cara mematikan sejumlah tools dan program yang terdapat di registry. Kedua, ransomware melumpuhkan keyboard dan mouse, dan hanya membiarkan pad nomor aktif. Ketiga, ransomware mengunduh dan menampilkan pesan peringatan, yang isinya mengaku-ngaku sebagai penegak hukum. Keempat, pesan peringatan tersebut menyatakan bahwa si pengguna telah diketahui mengakses konten ilegal di internet, sehingga si pengguna harus membayar sejumlah uang agar bisa mengakses komputernya.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.