Sukses

Tips Memotret `Luar Angkasa` ala Fotografer Amatir

Astrofotografer ini punya tips yang bisa digunakan fotografer amatir untuk mengambil foto luar angkasa yang menakjubkan.

Liputan6.com, New Delhi - Mustahil rasanya bila Anda bisa mengabadikan langit penuh bintang pada malam hari dengan kamera biasa atau menggunakan aplikasi edit foto. Namun, seorang fotografer amatir asal India ini telah membuktikannya.

Adalah Navaneeth Unnikrishnan, seorang astrofotografer dan astronom amatir yang telah menggeluti hobinya tersebut selama dua tahun dengan mengabadikan keindahan semesta dari rumahnya di wilayah Kerala, India.

Ia pun mengunggah hasil foto bidikannya di akun Instagram pribadinya, @navaneeth_unnikrishnan. Lewat akun tersebut, ia berbagi tips mudah kepada para fotografer amatir agar bisa mengambil foto luar angkasa lewat Bumi dengan cara sederhana namun mampu menciptakan hasil yang ciamik.

Mengutip informasi dari laman Space, Senin (31/8/2015), Navaneeth mengungkap bahwa ia memanfaatkan waktu malam hari untuk membidik foto yang ia inginkan. Pada saat malam, pemandangan menjadi lebih jelas dan lebih gemerlap.

"Di India banyak sekali langit gelap yang bisa dibidik pada saat malam hari. Khususnya di wilayah Himalaya yang memiliki pemandangan angkasa terbaik di dunia," ungkapnya.

Navaneeth, yang memiliki ketertarikan mendalam akan luar angkasa, selalu berpikir bahwa satu-satunya cara untuk mengamati antariksa adalah dengan menggunakan teropong jarak jauh di pusat pemantauan luar angkasa atau observatorium.

"Astrofotografi adalah seni memotret keindahan alam semesta yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Secara teknis, kita bisa mengabadikan masa lalu, cahaya yang dikeluarkan jutaan tahun lalu," lanjutnya.

Navaneeth mengatakan astrofotografi adalah bentuk fotografi yang paling menantang secara teknis. Ia pun memberikan tips mudah yang bisa diikuti. Pertama, setiap tahapan harus sempurna, dari melacak ke fokus, kemudian dari exposure ke pemrosesan gambar.

Selain itu, ia mengimbau bahwa pemotret harus menguasai aspek teknis kamera pada mode manual. "Adapun bagi para fotografer amatir yang tidak mampu merogoh kocek untuk mendapatkan perangkat tracking mount, lensa wide-angle adalah alternatif yang baik," tambahnya.

Pria yang juga menggemari travelling dan musik ini pun mengatakan bahwa objek luar angkasa yang paling digemarinya adalah komet dan nebula. "Nebula merupakan objek luar angkasa yang menjadi seni yang indah dan menakjubkan," tuturnya.

(jek/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini