Sukses

Mikroorganisme di Bumi Ternyata Berasal dari Mars?

Ilmuwan dari SETI ini mengungkapkan bahwa ada kemungkinan kehidupan di Bumi datang dari Mars.

Liputan6.com, Jakarta - Gagasan bahwa asal-usul kehidupan di bumi berasal dari luar angkasa tampaknya masih menjadi pembahasan yang menarik. Seperti gagasan dari salah seorang astronom senior dari Search For Extraterrestrial Life (SETI), Seth Shostak.

Shostak mengemukakan gagasan bahwa organisme hidup kuno yang berasal dari Mars mungkin telah datang ke planet Bumi.

Dikutip dari laman Mirror, Selasa (1/9/2015), Shostak mengungkapkan bahwa mungkin beberapa milyar tahun yang lalu ada organisme biologis dari Mars yang datang ke bumi. 

Pendapat ini didukung dengan teori yang disebut panspermia. Teori ini menyebutkan bahwa mikroorganisme yang kuat mungkin dapat bertahan hidup ketika menempuh perjalanan dari satu planet ke planet lain.

Peluang ini memberikan kemungkinan yang lebih besar ketika sebuah organisme mungkin terlempar ke luar planet Mars dan jatuh ke Bumi.

Sebelumnya, para ilmuwan telah memperkirakan bahwa pada mulanya Mars sering menghempaskan batuannya ke Bumi. Planet Mars pada masa awalnya merupakan planet yang basah dan lebih hangat dari sekarang sehingga memungkinkan lahirnya makhluk hidup.

Mikroorganisme di batuan yang terhempas dari Mars itulah yang kemudian tiba di Bumi dan beberapa dari mikroorganisme itu mungkin cocok dengan habitat yang ada di bumi.

Berkat gagasan ini, Shostak juga dihubungi NASA dan kelompok penjelajah luar angkasa lain untuk mulai mencari kehidupan alien di planet lain dalam tata surya.

(dam/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.